Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Buah semangka merupakan buah yang menyegarkan untuk dikonsumsi. Semangka merupakan tanaman yang tumbuh merambat. Buah semangka berasal dari afrika bagian selatan. Buah semangka masih berkerabat dengan buah melon. Daging buah semangka bisa dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus. Sedangkan biji buah semangka biasa dibuat kuaci. Buah semangka mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Manfaat buah semangka untuk kesehatan sangat beragam. Berikut adalah beberapa diantaranya.



1. Buah semangka membantu mencegah tekanan darah tinggi dan stroke
Buah semangka yang lezat dan mennyegarkan ternyata dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dan stroke. Buah yang sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut ini mengandung kalium. Kalium itu sendiri berperan untuk menurunkan tekanan darah. Buah semangka juga mengandung karotenoid yang berfungsi untuk mencegah pengerasan pembuluh darah, baik pembuluh vena maupun pembuluh arteri. Hal ini akan mengurangi tekanan pada darah. Anda bisa mengkonsumsi buah secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Buah semangka membantu menjaga kesehatan ginjal
Buah semangka akan memberikan manfaat berlipat ganda pada ginjal. Kandungan kalium pada buah semangka akan membantu membersihkan racun- racun pada ginjal. Manfaat yang lain yaitu menurunkan resiko terkena batu ginjal. Sebab buah semangka dapat memperkecil kadar asam urat dalam darah, sehingga menghindarkan dari penyakit batu ginjal.  

3. Buah semangka berperan sebagai antioksidan
Manfaat buah semangka untuk kesehatan yaitu kandungan antioksidan dalam buah semangka yang sangat tinggi. Antioksidan berupa likopen terdapat dalam buah semangka dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentu sangat menguntungkan tubuh. Karena antioksidan akan berperan dalam menangkal radikal bebas. Bahkan kandungan likopen dalam semangka mampu membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

4. Buah semangka mampu mencegah sariawan
Selain buah jeruk, buah semangka juga efektif mencegah sariawan. Buah semangka mengandung vitamin dan banyak air. Keduanya sangat efektif dalam mencegah sariawan. Kandungan air yang banyak pada buah semangka akan membersihkan bakteri – bakteri mulut sehingga menghindarkan dari sariawan.

5. Buah semangka aman dikonsumsi penderita diabetes
Walaupun buah semangka mempunyai rasa yang manis, namun buah ini merupakan buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Ternyata buah semangka mengandung gula dalam takaran yang rendah. Selain itu, buah semangka juga dapat menurunkan dosis gula dalam darah.

6. Buah semangka mampu mempercepat penyembuhan
Jika terjadi luka, maka buah semangka secara efektif dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Cytruline yang terkandung dalam buah semangka mampu merangsang pembelahan sel dan mempercepat proses penyembuhan luka. Namun cytrulin ini banyak terkandung dalam bagian putih buah semangka, bukan daging buahnya yang merah. Kebanyakan orang, tidak memakan bagian putih ini. Namun jika Anda ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa mengkonsumsinya.

7. Buah semangka membantu melawan infeksi
Tubuh memerlukan zat betakaroten untuk melawan infeksi. Buah semangka dapat memenuhi seperempat kebutuhan betakaroten sehari- hari. Caranya adalah dengan meminum 2 gelas jus semangka.
Demikian  manfaat buah semangka untuk kesehatan yang bisa dirasakan apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini :  manfaat tape , manfaat serai , buah buahan , buah bit , buah apel , buah kesemek , buah persik , buah semangka

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide