}); Struktur Makalah Yang Baik Dan Benar - Di Lihat Yaaa.....

Struktur Makalah Yang Baik Dan Benar

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Makalah merupakan karya tulis ilmiah yang membahas suatu topic permasalahan secara rinci berdasarkan fakta dan data. Untuk orang yang duduk dibangu perkuliahan pasti sering mendapatkan tugas dari dosen untuk membuat makalah. Mahasiswa diharuskan mengerti cara menyusun makalah yang baik dan benar karena meraka akan emgnerjakan skripsi atau tugas akhir yang hampir menyerupai makalah. Mahasiswa dituntun untuk mengerjakan makalah sebagai latihan dalam meneliti, mengamati dan menulis. Makalah berbeda dengan karya tulis seperi proposal dan artikel. Sebelum membahas struktur makalah yang benar ada baik nya kita mengetahui format dalam pembuatan makalah 



- kertas yang di gunakan A4 atau HVS polio.
- Ukuran atau front huruf 12 menggunakan Arial
- Ukuran margin atas 4 cm, samping kanan 4 cm, samping kiri 3 cm dan bawah 3 cm.
- Line spaces 1,5
- Lembar halaman makalah minimal 10 lembar atau lebih.

Struktur makalah yang benar adalah setiap bagian dan isi daling berhubungan dengan tema atau topic yang akan dibahas. Usahakan tidak ada kalimat yang rancu sehingg pembaca  tidak bingung dalam memehami isi pembahasan makalah. Serta batasi rumusan masalah dan focus pada atau atau dua masalah yang dibahas agar pembahasan tidak berputar-putar tanpa tujuan. Hal ini sering terjadi dan dilakukan oleh mahasisiwa yang ingin membuat makalah dalam jumlah halaman yang tebal tetapi tidak diketahui inti permasalahan dari makalah tersebut. Maka dari itu usahakan untuk hanya membahas satu rumusan masalah saja dengan jelas dan rinci.

Berikut ini struktur makalah yang benar :
1. halaman depan atau cover halaman
halaman depan berisi judul makalah yang akan dibahas, nama pemakalah yang menyusuna makalah, nama dosen pembimbing, nama instansi serta lambangnya dan yang terakhir tahun ajaran.

2. kata pengantar 
isi dari bagian kata pengantar adalah kata-kata yang disampaikan atau yang ditulis oleh pemakalah yang biasanya berisi tujuan pemakalah mengangkat tema tersebut untuk dibahas dan ucapan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu pemakalah dan permintaan maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan.

3. daftar isi 
daftar isi adalah bagian yang sulit dan harus teliti dalam pengerjaannya karena harus mencocokan setiap nomor halaman dengan bagian halaman. Untuk angka i, ii, iii dan seterusnya digunakan pada lembar kata pengantar, daftar isi dan sebelum halaman bab penduluan. Angka 1,2,3 dan seterusnya digunakan pada halaman dari bab 1 pendahuluan hingga akhir yaitu penutup. Untuk daftar pustakan dan lampiran tidak digunakan nomor halaman. 

4. Bab 1 : Pendahuluan
Pendahuluan terdiri dari beberapa bagian yaitu latar belakang yang berisi asalah usul dari objek yang akan dibahas berupa pengertian dan sejarahnya. 
Kemudian rumusan masalah yang menjadi materi yang akan dibahas sesuai data dan fakta. Kemudian tujuan dan manfaat dari pembahasan rumusan masalah yang akan didapat oleh pembaca atau pendengar.

5. Bab 2 : Pembahasan 
Bagian pembahasan berisi mengenai materi yang membahas rumusan masalah. Bagian ini adalah isi makalah yang akan menjelaskan secara rinci dan mendalam dari ruang lingkup masalah. 

6. Bab 3 : Penutup 
Penutup adalah bagian akhir makalah yang berisi kesimpulan. Kesimpulan merupakan inti pembicaraan atau pembahasan dari ruang lingkup masalah. Penutup juga berisi saran dan kritik yang ditulis oleh pemakalah

7. halaman penunjang 
halaman penunjang berisi lembar daftar pustaka yang merupakan sumber materi yang didapat oleh pemakalah dan bagian penunjang lainnya adalah lampiran atau bukti nyata dari hasil penelitian dari pemakalah.  
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide