Ini Dia Contoh Makalah Tentang Sampah

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah tentang sampah. Limbah yang dibuang masyarakat karena kegunaannya tidak ada lagi bias disebut dengan sampah. Menumpuknya sampah rumah tangga karena populasi manusia yang terus meningkat menjadikan kestabilan lingkungan di dunia menjadi terganggu ditambah dengan kurang diperhatikannya upaya untuk mengatasi sampah-sampah yang menumpuk. Tumpukan sampah di area pembuangan sampah yang besar menyebabkan banyak orang yang membuang sampah ketempat yang tidak seharusnya seperti disekitar lingkungan, sungai, selokan dan lain-lain. Banyak kerugian terutama bencana alam yang akan timbul akbiat perbuatan yang tidak bertanggung jawab tersebut. Kecanggihan teknologi dan tingkat intelektual yang meningkat seharusnya dapat membantu menemukan jalan untuk mengatasi menumpuknya sampah serta kesadaran perorangan dan pemerintah untuk melakukan upaya menjaga kebersihan lingkungan. Tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah untuk membahas jenis-jinis sampah dan upaya mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia tanpa ada pencemaran lingkungan lainnya. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dari pembahasan makalah tentang sampah dapat ditarik kesimpulan bahwa sampah merupakan sisa-sisa material yang digunakan oleh manusia untuk memenuhi kelangsungan hidupnya. Sampah terbagi menjadi dua yaitu sampah organic dan anorganik. Sampah organic adalah jenis sampah yang dapat diurai oleh bakteri pengurai dan bermanfaat bagi kehidupan lainnya. Sampah anorganik adalah jenis sampah yang tidak dapat diurai atau bias diurai namun membutuhkan proses yang lama seperti contoh platik membutuhkan berjuta tahun hingga bias terulai oleh bakteri pengurai. Sampah organic seperti sisa makanan, kotoran hewan dan manusia, tumbuhan layu atau kering dapat diuraikan dengan mudah oleh bakteri pengurai hingga menjadi busuk dan dapat menjadi pupuk untuk menyuburkan tanah. Di zaman modern ini, sampah anorganik dapat di daur ulang menggunakan mesin pendaur ulang sperti plastic yang di daur ulang menjadi plastic baru yang dapat dibentuk sesuai kebutuhan masyarakt seperti alat rumah tangga. Namun, limbah yang dihasilkan dari proses daur ulang platik juga berbahaya untuk lingkungan jika dibuang sembarangan. Maka dari itu, sebaiknya untuk pabrik industri yang mendaur ulang sampah seperti plastic, botol kaca dan barang lainnya membuat fasilitas penampungan limbah yang dapat menyaring zat beracun didalam limbah tersebut. Untuk sampah rumah tangga yang sering dibuang sembarangan oleh masyarakat harus diberikan sanksi kepada orang yang membuang sampah sembarangan tetapi pemerintah harus menyediakan tempat pembuangan sampah disegala titik lingkungan. Upaya pemerintah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tidak akan berjalan dengan lancar tanpa ada kesadaran dari masyarakat untuk menjada lingkungan sekitar. Maka dari itu, masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan demi kualitas hidup yang lebih baik.

Demikian makalah tentang sampah yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide