Ini Dia Contoh Makalah Ketahanan Nasional

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
       Pada kesempatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah ketahanan nasional. Sejarah pertahanan keamanan bangsa dan Negara Indonesia yang dimulai pada tahun 1945, telah memberikan pengalaman yang berharga dan nilai-nilai kejuangan yang penting untuk dihimpun dan disusun dalam suatu konsepsi pertahanan keamanan yang tangguh dan ampuh, bagi upaya dan penyelenggaraan pertahanan keamanan Negara berdasarkan falsafah bangsa dan ideology serta dasar Negara Pancasila dan UUD 1945. pertahanan nasional yang berada didalam Negara yaitu system pertahanan keamanan rakyat semesta tau disingkat menjadi sishankamrata. tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas masalah ketahanan nasional baik dari dalam negeri maupun luar negeri serta factor yang mempengaruhi pertahanan nasinonal. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.





Dari pembahasan makalah pertahanan nasional dapat disimpulkan bahwa perjuangan rakyat dan pemimpin Indonesia dalam memerdekaan Indonesia merupakan pemulaan dasar dalam membentuk system pertahanan nasional. System pertahanan nasional dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya factor geograf, dimana  segi letak Indonesia berada dalam posisi yang sangat unik, ialah di antara dua samudra dan dua benua, serta di tengah-tengah system kehidupan bangsa yang berlainan, bahkan terdapat yang saling bertentangan. Posisi sialang antara dua samudra dan dua benua ini menempatkan Indonesia dalam kedudukan yang sangat strategis, karena letak Indonesia pada jalur lintas laut yang menguasai selat-selat penting seperti Selat Malaka, Selat Sunda dan Selat Lombok. Kemudian factor demografi, dilihat dari jumlah penduduknya, Indonesia menempati tempat yang kelima di dunia. Penyediaan tenaga manusia jelas cukup besar. Tetapi karena penyebaranyannya kurang merata, maka terdapat di satu pihak daerah-daerah yang amat langka akan tenaga manusia, di lain pihak terdapat daerah-daerah yang kelebihan tenaga manusia. Dipandang dari segi pertahanan-keamanan, hal-hal tersebut di atas membawa akibat-akibat mudahnya timbul pertentangan-pertentangan social dan timbulnya kesulitan-kesulitan dalam penyediaan pangan, karena kepadatan penduduk.  Kemudian factor sumber alam. Bangsa Indonesia telah dikarunia oleh Tuhan Yang Maha Esa sumber alam yang cukup, baik yang masih merupakan suatu potensi saja maupun yang sudah merupakan kekayaan alam. Faktor lingkungan tersebut di atas menghadapkan kita pada suatu masalah pokok, bagaimana menyusun suatu system dengan kekuatan berimbang yang mampu secara represif menghadapi ancaman baik dari luar maupun dari dalam dan secara preventif mampu membantu system kehidupan nasional untuk meningkatkan Ketahanan Nasional, sehingga dapat ditiadakan kerawanan-kerawanan dalam seluruh aspek kehidupan bangsa.

Demikian makalah pertahanan nasional yang telah dibahas diatas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide