}); Macam-Macam Gejala Alam Di Indonesia - Di Lihat Yaaa.....

Macam-Macam Gejala Alam Di Indonesia

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Gejala alam merupakan gejala- gejala yang terjadi di alam dan dapat dirasakan oleh manusia maupun makhluk hidup lainnya. Berikut ini adalah beberapa macam- macam gejala alam di Indonesia.



1. Gempa bumi
Gempa bumi merupakan goncangan atau getaran pada permukaan bumi yang disebabkan oleh aktivitas yang terjadi di bawah permukaan bumi. Penyebab gempa bumi itu sendiri bermacam- macam. Gempa bumi dapat disebabkan oleh bertemunya dua lempeng bumi yang saling bergerak ataupun letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Besarnya goncangan atau getaran yang terjadi di permukaan bumi tergantung dengan besarnya pusat gempa yang terjadi. Skala besar kecilnya gempa biasanya dinyatakan dalam bentuk skala richter. Alat pengukur gempa itu sendiri disebut dengan seismograf.

2. Tsunami
Tsunami merupakan gejala alam berupa berpindahnya atau bergeraknya massa air yang begitu besar menuju ke pantai hingga ke daratan yang lain. Tsunami itu sendiri terjadi akibat gempa bumi yang terjadi dengan sumber di bawah laut. Jika besarnya gempa bumi terlalu kuat, maka gempa bawah laut tersebut akan memicu terjadinya tsunami. Ekspresi dari besarnya gempa yang terjadi tersebut berupa gelombang besar yang kemudian menyapu pantai dan daratan.

3. Letusan gunung berapi 
Macam- macam gejala alam di Indonesia yang sering terjadi yaitu letusan gunung berapi. Indonesia merupakan negara yang mempunyai gunung berapi dalam jumlah yang banyak. Gunung berapi yangmeletus akan memuntahkan beberapa behan material seperti batuan, magma dan juga lava.

4. Banjir 
Bajir merupakan luapan air bah dalam volume air yang banyak dari sungai yang sudah tidak mampu menampung air lagi. Peristiwa ini biasanya terjadi pada musim penghujan. Jumlah volume air bertambah banyak, sedangkan tidak ada tempat yang menampung. Banjir bisa diakibatkan oleh beberapa hal. Semakin sedikitnya jumlah pohon, maka tidak ada yang bisa menahan air di bawah tanah untuk disimpan di akar pohon. Jadi air langsung berada di permukaan bumi dan ditampung di sungai. Ketika sungai sudah tidak mampu menampung, maka air akan melupa dan menjadikan banjir. 

5. Angin topan
Angin topan merupakan angin yang sangat kencang karena terjadi tekanan udara yang berbeda. Pergerakan angin topan sangat kencang sekali sehingga dalam skala besar dapat mengakibatkan rubuhnya beberapa bangunan yang kurang kuat.

6. Angin puting beliung
Angin puting beliung merupakan angin kencang yang berupa pusaran angin tinggi. Angin ini juga dapat menghancurkan beberapa bangunan yang kurang kuat.

7. Tanah longsor
Tanah longsor biasa terjadi di daerah gunung atau dataran tinggi. Tanah longsor terjadi ketika musim hujan. Penyebebnya adalah tanah yang tidak mampu menahan beban dalam kemiringan tanah. Biasanya terjadi di daerah lahan gundul

8. Kebakaran hutan
Kebakaran hutan merupakan gejala alam yang juga sering terjadi di indonesia. Bisa disebabkan oleh ulah manusia atau yang lain. Biasanya terjadi pada musim kemarau.

Demikian adalah macam- macam gejala alam di Indonesia. Dengan diketahuinya gejala- gejala alam tersebut, agaknya menyayangi alam dan menjaganya merupakan hal wajib bagi manusia.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide