Manfaat Lingkungan Hidup Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Lingkungan hidup merupakan unsur yang sangat penting bagi kehidupan ini. Bagaimana tidak, semua makhluk hidup pada lingkungan hidup. Manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan makhluk hidup tentunya sudah tidak bisa diragukan lagi. Tanpa lingkungan hidup, makhluk hidup akan musnah.

Lingkungan hidup dapat diartikan sebagai tempat kehidupan. Tempat terjadinya semua aktivitas makhluk hidup. Selain itu lingkungan hidup juga merupakan sumber terjadinya kehidupan. Lingkungan hidup sudah menyediakan banyak hal yang dibutuhkan makhluk hidu untuk memenuhi kebutuhannya di kehidupan ini. Lingkungan hidup menyediakan oksigen untuk digunakan makhluk hidup dalam bernapas. Lingkungan hidup juga menyediakan beberapa bahan makanan yang nantinya akan diolah makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuhnya.



Begitu besar manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan ini. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan secara nyata tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lingkungan hidup sebagai tempat beraktivitas
Hal yang paling utama dan tak boleh dilupakan adalah bahwa lingkungan hidup merupakan tempat beraktivitas semua makhluk hidup. Manusia, hewan dan tumbuhan selalu beraktivitas di lingkungan hidup. Hewan dan tumbuhan menggunakan lingkungan hidup sebagai tempat menjalani kehidupannya. Tempat mencari makan, tempat berkembangbiak, tempat berburu dan lain- lain. Manusia menggunakan lingkungan hidup sebagai tempat beraktivitas secara lebih kompleks lagi. Manusia mempunyai beberapa kelompok lingkungan hidup, diantaranya adalah lingkungan social dan lingkungan alam. Lingkungan alam dan social sama- sama memberikan fungsi sebagai tempat beraktivitas manusia. Lingkungan alam sudah jelas terlihat fungsinya, sedangkan lingkungan social memberikan ruang beraktivitas sesama manusia untuk saling berkomunikasi.

2. Lingkungan hidup sebagai penyedia unsur- unsur penting
Secara alami, lingkungan hidup bermanfaat sebagai penyedia unsur- unsur penting yang dibutuhkan makhluk hidup. Unsur- unsur penting tersebut diantaranya adalah oksigen, air dan mineral. Oksigen, air dan mineral merupakan unsur- unsur pokok yang dibutuhkan makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan. Oksigen digunakan untuk bernafas, air digunakan hampir diseluruh kegiatan makhluk hidup dan mineral digunakan sebagai pendukung pokok kelangsungan hidup makhluk hidup.

3. Lingkungan hidup sebagai pemenuh kebutuhan kehidupan makhluk hidup
Manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan makhluk hidup juga sebagai pemenuh kehidupan makhluk hidup. Lingkungan hidup ( alam) ini sudah menyediakan berbagai sumber makanan. Untuk hewan lingkungan hidup sudah menyediakan berbagai tumbuhan untuk dimakan. Untuk tumbuhan lingkungan hidup sudah menyediakan karbondioksida, air dan zat hara untuk kelangsungan hidup tumbuhan. Sementara untuk manusia, sudah jelas lingkungan hidup menyediakan berbagai hal. Tubuh manusia yang memerlukan protein, vitamin dan mineral sudah disediakan oleh alam lewat berbagai bahan makanan.

4. Lingkungan hidup sebagai sumber kehidupan makhluk hidup
Lingkungan hidup sebagai sumber kehidupan makhluk hidup, karena segala hal yang dibutuhkan oleh makhluk hidup sudah disediakan oleh lingkungan hidup secara alami. Begitulah makhluk hidup dapat memanfaatkan lingkungan hidup sebagai sumber kehidupannya.

Mengingat begitu banyak dan pentingnya manfaat lingkungan hidup bagi kehidupan makhluk hidup, sudah sepantasnyalah lingkungan hidup harus dijaga. Sebagai makhluk yang menggunakan banyak jasa lingkungan hidup, menjaga dan tidak merusaknya merupakan salah satu cara berterima kasih pada lingkungan hidup atau alam ini.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat daun dewa, manfaat cacing tanah , manfaat terong belanda , manfaat rambutan , manfaat daun pandan , manfaat imunisasi , manfaat gambir, manfaat lingkungan hidup

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide