Manfaat Imunisasi Pada Bayi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pemerintah Indonesia mewajibkan setiap anak balita ( bawah lima tahun) melakukan imunisasi setiap periode waktu tertentu. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Tubuh bayi sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Imunisasi merupakan salah satu cara untuk mencegah bayi terserang berbagai macam penyakit. Imunisasi dilakukan dengan memberikan berbagai macam vaksin pada bayi. Jenis vaksin yang diberikan sudah jadwalkan sesuai usia balita. Pemberian vaksinasi pada bayi juga bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Untuk itu, imunisasi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakn. Berikut ini adalah beberapa manfaat imunisasi pada bayi.



1. Imunisasi dapat menghindarkan bayi dari serangan penyakit
Manfaat imunisasi yang pertama yaitu dapat menghindarkan bayi dari serangan penyakit. Pemberian vaksin bertujuan untuk membangkitkan kekebalan tubuh pada bayi. Sehingga, tubuh bayi tidak rentan terhadap serangan penyakit. Beberapa penyakit infeksi yang cukup berbahaya bahkan bisa dicegah dengan imunisasi. Penyakit infeksi berbahaya tersebut diantaranya adalah penyakit polio, campak, tetanus, hepatitis A dan hepatitis B. Sangat hebat bukan, imunisasi dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya tersebut.

2. Imunisasi memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit menular
Manfaat imunisasi pada bayi selanjutnya adalah memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit menular. Jika Anda mengimunisasikan anak Anda, maka secara otomatis anak Anda akan mempunyai kekebalan tubuh yang optimal. Dengan kekebalan tubuh optimal, anak Anda pun akan kebal terhadap serangan penyakit. Termasuk terserang penyakit menular. Semakin banyak bayi yang diimunisasi, semakin banyak bayi yang mempunyai kekebalan terhadap penyakit menular. Secara tidak langsung, imunisasi telah memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit menular.

3. Imunisasi akan meningkatkan kesehatan nasional
Manfaat imunisasi yang terakhir adalah dapat meningkatkan kesehatan nasional. Jika semua bayi di Indonesia dengan tertib melakukan imunisasi, maka kekebalan tubuh masyarakat indonesiapun akan meningkat. Kemungkinan terserang berbagai macam penyakit, sudah diantisipasi sejak bayi. Secara tidak langsung imunisasi akan meningkatkan kesehatan nasional. Karena sejak bayi, masyarakat Indonesia sudah diberikan vaksin untuk memacu kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

Demikian adalah beberapa manfaat imunisasi pada bayi. Manfaat- manfaat tersebut menyiratkan betapa pentingnya imunisasi pada bayi. Usaha pemerintah untuk menggalakkan imunisasi pada bayi adalah salah satu bukti betapa pentingnya imunisasi. Pemerintah pun selalu berusaha untuk pemerataan imunisasi di semua daerah agar kesehatan nasional semakin meningkat. Jika Anda mempunyai anak balita atau mungkin di rumah Anda terdapat seorang balita, dengan mengetahui manfaat- manfaat tersebut, agaknya Anda akan berpikir ulang jika selama ini tidak mencantumkan imuniasi dalam agenda. Memang imunisasi sering memberikan efek panas pada tubuh bayi. Namun itulah tanda bahwa vaksin yang diberikan bekerja secara efektif. Mengingat vaksin tersebut berupa virus yang sudah dilemahkan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika hal itu terjadi pada anak Anda. Selain itu, untuk beberapa kasus, bayi memang kurang suka diimunisasi. Entah karena takut disuntik atau tak mau minum obat. Namun pentingnya imunisasi agaknya harus diingat agar bayi mau diimunisasi. Agar tubuh bayi mendapatkan manfaat imunisasi.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide