Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Daun pandan biasa digunakan sebagai penyedap alami dalam masakan. Daun pandan memang mempuyai aroma khas yang dapat menambah aroma lezat dan cita rasa makanan. Mungkin hanya sedikit orang yang tahu manfaat daun pandan bagi kesehatan.

Selain digunakan sebagai penyedap alami, daun pandan juga bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan. Warna hijau yang diberikan oleh daun pandan, akan membuat makanan Anda berwarna hijau alami. Berikut adalah beberapa manfaat daun pandan untuk kesehatan yang sangat berguna untuk diketahui.


1. Daun pandan dapat mengobati lemah syaraf
Daun pandan dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk mengobati lemah syaraf. Cara yang perlu dilakukan untuk mengobati lemah syaraf dengan daun pandan yang pertama adalah mengambil daun pandan sebanyak 3 lembar. Cuci bersih daun pandan tersebut kemudian iris tipis- tipis. Setelah itu rebus daun pandan bersama tiga gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa kurang lebih sebanyak dua gelas. Minum air rebusan itu setelah dingin setiap pagi dan sore.

2. Daun pandan dapat digunakan sebagai obat rematik
Jika anda menderita reumatik dan menginginkan obat yang harum, daun pandan adalah solusinya. Pertama, ambil 3 lembar daun pandan. Bersihkan dan iris tipis- tipis. Kemudian seduh irisan daun pandan tersebut dengan setengah cangkir minyak kelapa. Campurkan atau aduk hingga merata. Setelah ramuan dingin, ramuan ini dapat dijadikan sebagai obat gosok untuk penyakit rematik maupun pegal linu.

3. Daun pandan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat daun pandan bagi kesehatan selanjutnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jika anda sudah terlanjur terkena tekanan darah tinggi, maka membuat ramuan dari daun pandan dapat dijadikan salah satu alternatif pengobatannya. Caranya sangat mudah, Anda hanya tinggal merebus daun pandan dengan dua gelas air putih. Tunggu hingga mendidih dan tersisa air satu gelas saja. Minum ramuan ini pagi dan sore secara teratur hingga tekanan darah Anda turun dan kembali normal.

4. Daun pandan dapat mengurangi gelisah
Daun pandan mengandung zat tannin yang akan memberikan efek tenang. Caranya adalah ambil 2 lembar daun pandan segar. Setelah dicuci bersih, iris tipis- tipis dan seduh dengan segelas air. Setelah dingin, saring kemudian minum secara teratur sebanyak dua kali sehari hingga gelisah Anda hilang.

5. Daun pandan mengatasi masalah rambut
Daun pandan juga mempunyai beberapa manfaat untuk mengatasi beberapa masalah rambut. Jika Anda mempunyai masalah dengan uban, maka daun pandan dapat dijadikan salah satu solusinya. Daun pandan ternyata dapat menghitamkan rambut. Caranya adalah, ambil 7 lembar daun pandan segar. Cuci dan iris tipis- tipis. Rebus dengan segelas air hingga air berwarna kehijauan. Setelah mendidih, biarkan air ini mengembun selama semalam. Pagi harinya, campur air ini dengan air perasan 3 buah mengkudu matang. Air tersebut siap digunakan untuk membasuh rambut tiga kali seminggu. Selain itu daun pandan juga dapat mengobati ketombe. Caranya adalah dengan menumbuk 2 atau 5 lembar daun pandan segar dan bersih. Hasil tumbukannya siap dioleskan pada kulit kepala untuk mengobati ketombe.

Demikian beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan. Daun pandan tidak hanya bermanfaat sebagai penyedap maupun pewarna alami saja.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat bunga kamboja, manfaat bunga melati, manfaat cengkeh, manfaat daun dewa, manfaat cacing tanah , manfaat terong belanda , manfaat rambutan , manfaat daun pandan

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide