Manfaat Dan Khasiat Rambutan Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Ketika musim rambutan tiba, maka buah ini pun tak usah dicari namun dengan mudah Anda temui. Rambutan merupakan salah satu buah yang merakyat bagi masyarakat Indonesia. Buah rambutan yang memang hanya muncul pada musimnya ini sudah akrab sekali dimata penikmatnya. Namun buah rambutan ternyata tak hanya sekedar memberikan rasa lezat ketika dimakan. Manfaat dan khasiat rambutan untuk  kesehatan merupakan salah satu penyumbang nilai plus bagi buah ini. Beberapa manfaat buah rambutan untuk kesehatan adalah sebagai berikut.



1. Rambutan dapat mengatasi sariawan
Rambutan mempunyai kandungan yang dapat menyembuhkan sariawan. Cara yang dilakukan untuk mengobati sariawan menggunakan rambutan adalah dengan mengambil kulit kayu rambutan sebanyak tiga ruas jari. Kemudian cuci sampai bersih dan rebus dengan dua gelas air. Jika air rebusan sudah tinggal setengahnya, maka hentikan proses perebusan. Larutan ini digunakan untuk berkumur sehingga dapat mengobati sariawan.

2. Rambutan membantu menurunkan kadar gula dalam darah
Rambutan ternayata dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Bagian rambutan yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah adalah biji buah rambutan. Berikut adalah cara mengolah biji rambutan menjadi obat penurun kadar gula dalam darah. Pertama, pisahkan daging buah rambutan dengan bijinya. Karena dalam hal ini yang dibutuhkan hanya biji rambutan saja. Kedua, potong kecil- kecil biji rambutan tersebut. Ketiga, sangrailah biji rambuatn tersebut hingga berwarna kuning kehitaman. Keempat, giling biji rambutan yang sudah disangrai hingga halus. Setelah menjadi bubuk biji rambutan, seduhlah dengan air panas. Kemudian biarkan bubuknya mengendap dan air seduhan dingin. Air seduhan biji rambutan pun dapat diminum sebagai obat penurun kadar gula dalam darah. Minumlah air tersebut sebanyak satu sampai tiga kali dalam sehari.bahkan jika kadar gula dalam darah terlampau parah, minumlah setiap hari. Dengan komposisi yang tepat, air ini dapat menurunkan kadar gula dalam darah secara bertahap.

3. Rambutan dapat mengobati kencing manis
Manfaat dan khasiat rambutan untuk  kesehatan selanjutnya yaitu dapat mengobati kencing manis. Jika Anda ingin mencoba menyembuhkan penyakit kencing manis dengan rambutan maka Anda harus menyediakan tiga buah biji rambutan. Dalam pegobatan ini, lagi- lagi biji rambutanlah yang digunakan sebagai obat, bukan daging buahnya. Biji buah rambutan tersebut, kemudian ditongseng dan digiling hingga menjadi bubuk. Setelah menjadi bubuk, seduhlah bubuk biji buah rambutan tersebut dengan secangkir air panas. Tunggulah hingga dingin dan air tersebut pun dapat dikonsumsi sebagai obat kencing manis. Minumlah ramuan ini sekaligus sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

4. Rambutan sebagai obat disentri
Untuk mengobati disentri dengan rambutan caranya adalah dengan mencuci bersih 10 kulit buah rambutan. Kemudian potong kecil- kecil dan rebus dengan tiga gelas air minum bersih hingga air tersisa setengahnya. Air hasil rebusan tersebut kemudian disaring dan diminum sebanyak tiga perempat gelas sebanyak dua kali sehari.

5. Rambutan dapat mengobati demam
Untuk mengobati demam, ambil 15 gram kulit buah rambutan kering dan rebus dengan tiga gelas air bersih hingga mendidih selama kurang lebih 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum air tersebut sepertiga bagian selama tiga kali sehari.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat rambutan untuk  kesehatan. Jadi tidak hanya daging buahnya saja yang bermanfaat, namun juga biji dan kulitnya.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat bunga mawar, manfaat bunga kamboja, manfaat bunga melati, manfaat cengkeh, manfaat daun dewa, manfaat cacing tanah , manfaat terong belanda , manfaat rambutan

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide