Manfaat Mengkonsumsi Telur Asin

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Telur asin biasa dijual dalam keadaan matang. Di Indonesia penjual telur asin sangat mudah dijumpai. Walaupun rasanya asin, namun telur yang satu ini sangat digemari sebagai lauk. Telur asin merupakan telur yang berbahan dasar telur bebek kemudian mengalami beberapa proses sehingga jadilah telur asin yang biasa kita lihat sehari- hari. Telur asin ini sangat kaya akan gizi dan baik untuk tubuh. Manfaat mengkonsumsi telur asin tentunya sangat banyak mengingat banyaknya kandungan gizi pada telur asin. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi telur asin.



Manfaat yang akan anda dapatkan jika Anda mengkonsumsi telur asin yaitu baik untuk masa pertumbuhan, terutama bagi anak- anak. Hal ini karena telur asin mengandung protein yang sangat tinggi. Bahkan protein yang terdapat di dalam telur asin lebih tinggi daripada protein yang terkandung dalam daging maupun susu. Telur yang biasa digunakan untuk membuat telur asin adalah telur dari itik atau bebek. Pada telur itik itu sendiri kandungan protein terbesar adalah pada kuning telur. Kuning telur pada telur itik mengandung sebanyak 17% protein. Sedangkan pada putih telur hanya mengandung sebnayak 11% protein saja. Protein pada telur asin juga mengandung asam amino esensial. Sehingga protein pada telur asin juga berfungsi untuk membangun sel- sel tubuh serta menggantikan sel- sel tubuh yang rusak.

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan kecerdasan otak. Kuning pada telur asin mengandung asam lemak omega 3 yang sudah dipercaya untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tentu akan sangat baik jika anak- anak mengkonsumsi telur asin. Karena itu akan sangat baik untuk perkembangan otaknya.

Manfaat mengkonsumsi telur asin yang lain yaitu sebagai sumber energi. Telur asin mengandung semua jenis lemak yang terpusat pada kuning telurnya. Kandungan lemak pada telur asin diantaranya adalah fosfolipid dan trigeliserid. Lemak tersebut akan berfungsi sebagai sumber energi. Telur asin ini juga mempunyai satu kelebihan. Kandungan lemak pada telur asin, bercampur dengan air sehingga lebih mudah dicerna oleh oleh tubuh bayi, anak- anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia.

Selain itu, telur asin juga mengandung beberapa zat yang sangat bagus untuk tubuh. Talur asin, terutama bagian kuning telur, mengandung hampir seluruh jenis vitamin. Bahkan kandungan vitamin D pada telur asin termasuk vitamin D terbesar setelah minyak ikan hiu hanya kandungan vitamin C saja yang tidak ada pada telur asin. Telur asin mengandung mineral yang baik untuk membantu metabolisme tubuh. Mineral yang terkandung dalam telur asin diantaranya adalah kalsium, fofor, magnesium, kalium, natrium dan masih banyak lainnya.

Itulah  manfaat mengkonsumsi telur asin. Kandungan utamanya disumbang oleh bahan baku pembuatnya yaitu telur bebek. Jika Anda kurang menyukai konsumsi telur bebek secara langsung karena amis, telur asin bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Kandungan gizi pada telur bebek yang sudah diolah dengan baik menjadi telur asin pun tak banyak berkurang. Namun, kandungan garam yang tinggi membuat telur asin tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita hipertensi.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide