Kandungan Dan Manfaat Buah Kesemek

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Buah kesemek memang tampak tidak menarik jka dilihat dari luar. Buah ini diselimuti dengan serbuk putih yang membuatnya tampak kurang lezat. Padahal buah kesemek mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan kandungan serat dalam buah kesemek dua kali lebih banyak daripada serat yang terkandung dalam buah apel. Bentuknya yang hampir mirip dengan buah apel, membuat buah kesemek dijuluki sebagai ‘apel jawa’. Berikut adalah kandungan dan manfaat buah kesemek.



Kandungan buah kesemek
Buah kesemak kaya akan vitamin, mineral dan beberapa zat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat pada buah kesemek.

1. Karbohidrat ( terutama dalam bentuk glukosa dan fruktosa)
2. Protein
3. Vitamin
4. Kalium
5. Likopen sebagai antioksidan
6. Serat, betakaroten dan Phytochemical lutein.
7. Polifenol sebagai penurun kolesterol jahat.
8. Zat tannin, penyebab rasa sepat pada buah kesemek yang masih muda.

Kandungan dan manfaat buah kesemek selanjutnya adalah beberapa manfaat buah kesemek.

Manfaat buah kesemek
1. Mengobati penyakit hipertensi
Jika Anda mengalami hipertensi, Anda bisa mengguankan buah kesemek untuk menurunkan tekanan darah Anda. Caranya sangat mudah. Anda tinggal membuat jus dari buah kesemek. Kemudian jus tersebut dicampurkan dengan sedikit air hangat. Minum sebanyak satu kali sehari.

2. Mengatasi penyakit asma dan batuk berdahak
Masalah pada saluran pernapasan seperti penyakit asma dan batu berdahak dapat diobati dengan mengkonsumsi buah kesemek. Cara yang harus dilakukan adalah dengan mengambil 2 buah kesemek kering dan membersihkannya. Tambahkan sedikit air pada buah kesemek kemudian kukus. Setelah matang haluskan buah kesemek tersebut. Tambahkan satu sampai dua sendok matu pada untuk dikonsumsi.

3. Menyembuhkan sakit perut
Untuk menyembuhkan sakit perut Anda dengan buah kesemek, caranya sangat mudah. Anda tinggal mengupas bersih buah kesemek dan mengkonsumsinya dengan rutin. Maka masalah perut Anda seperti nyeri dan rasa panas dalam perut dapat teratasi.

4. Menghentikan diare dan disentri
Buah kesemek juga dapat menghentikan diare Anda serta menyembuhkan disentri. Untuk mengobati diare dan disentri mengunakan buah kesemek, Anda harus menyiapkan dua potong buah kesemek, beras ketan dan dua potong irisan buah jeruk. Keringkan dua potong buah kesemek tersebut. Rebus buah kesemek kering bersama beras ketan dan irisan buah jeruk tersebut sampai lunak menjadi bubur. Campurkan secara rata . Kemudian angkat dan bubur ini pun siap dikonsumsi oleh penderita diare maupun disentri. Konsumsi ini antara dua hingga tiga kali dalam sehari.

5. Membantu menurunkan berat badan
Para ahli dan pakar kesehatan menyarankan konsumsi buah kesemek untuk orang yang ingin menurunkan berat badannya serta menjaga bentuk tubuh.

Selain kandungan dan manfaat buah kesemek di atas, buah kesemek juga efektif mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah, mencegah tumbuhnya sel kanker, menghambat proses penuaan dini, baik untuk kesehatan jantung, menguatkan kelenjar limpa, membantu menjaga kesehatan paru- paru, membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan lain- lain.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini :  manfaat sawi , manfaat sarapan pagi , manfaat tape , manfaat serai , buah buahan , buah bit , buah apel , buah kesemek
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide