}); Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan - Di Lihat Yaaa.....

Manfaat Tape Singkong Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Manfaat tape singkong bagi kesehatan memang belum banyak diketahui. Tape singkong lebih terkenal sebagai salah satu olahan camilan yang gemar dinikmati masyarakat. Beberapa juga ada yang mencampurkan tape singkong sebagai bahan pelengkap es campur, tape goreng, dan lain- lain.

Tape yang berbahan dasar singkong ini, terbuat dari proses fermentasi. Proses fermentasi memanfaatkan kinerja salah satu jamur yang bernama ilmiah Sacchoromyces cereviceae. Proses fermentasi singkong harus benar- benar steril dari kontak dengan udara luar. Jika tidak, maka tape yang terbentuk tidak akan sempurna. Proses fermentasi yang tidak sempurna ternyata malah dapat mengakibatkan adanya zat yang berbahaya dalam tape. Ketika proses fermentasi terhambat, maka aka nada bakteri yang mencemari proses fermentasi ini. Bakteri ini kemudian mengeluarkan zat berbahaya pada tape. Jadi jika ingin mendapatkan manfaat tape yang sehat, proses fermentasi harus dijamin terjadi dengan sempurna.


Beberapa hal yang dapat mendukung proses fermentasi berjalan baik yaitu dengan memilih bahan dasarnya, yaitu singkong dengan kualitas terbaik. Kemudian proses fermentasinya harus berjalan optimal, artinya singkong benar- benar berada dalam keadaan terisolasi dengan udara luar. Proses fermentasi yang baik, seharusnya juga tidak lebih dari 3 hari.

Tape singkong yang berwarna kuning lebih banyak mengandung vitamin A daripada tape singkong yang berwarna putih. Tape singkong masih mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat tape singkong bagi kesehatan:

1. Tape singkong sebagai sumber kabohidrat
Mungkin inilah alasan mengapa orang- orang jaman dahulu mengandalkan singkong sebagai makanan pengganti nasi. Singkong yang sudah dioalah menjadi tape, ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang besar. Bahkan kandungan karbohidratnya lebih besar daripada kandungan akrbohidrat pada kentang.

2. Tape singkong membantu menurunkan resiko terkena osteoporosis
Tape singkong mengandung vitamin K. Dimana vitamin K sudah banyak yang mengetahui bermanfaat bagi pertumbuhan tulang. Selain itu vitamin K juga bermanfaat untuk membentuk massa tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Tape singkong menurunkan kerusakan saraf otak
Kandungan vitamin k pada singkong pula yang berperan untuk mencegah kerusakan saraf pada otak dan bermanfaat untuk terapi penderita Alzheimer.

4. Tape singkong membantu mencegah anemia
Tape singkong mengandung vitamin B kompleks dan beberapa kelompok vitamin seperti thiamin, riboflavin dan piridoksin ( vitamin B- 6). Riboflavin bermanfaat pertumbuhan tubuh dan mendorong pembentukan sel- sel darah merah. Jika produksi sel darah merah tidak mengalami kekurangan, maka penyakit anemia dapat dicegah.

5. Tape singkong membantu mengatur tekanan darah
Tape singkong mengandung beberapa mineral seperti kalium, magnesium dan seng. Kalium bermanfaat dalam pembentukan sel- sel tubuh dan membantu mengatur tekanan darah.

6. Tape singkong sebagai sumber serat baik untuk kesehatan
Makanan yang banyak mengandung serat memang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Tape singkong banyak mengandung serat. Sehingga mengkonsumsinya dapat mencegah beberapa penyakit seperti jantung, stroke dan mengendalikan diabetes.

Itulah beberapa manfaat tape singkong bagi kesehatan. Bahan dasar singkong yang mempunyai banyak kandungan membuat tape singkong menjadi bermanfaat untuk kesehatan.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat labu kuning , manfaat kol , manfaat telur asin , manfaat ikan salmon , manfaat toge , manfaat sawi , manfaat sarapan pagi , manfaat tape

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide