Manfaat Sayur Sawi Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Sawi merupakan salah satu jenis sayuran yang serig dijadikan teman makan banyak orang. Selain rasanya yang enak, sawi juga mengandung berbagai jenis zat yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C yang dikandung sayur sawi bahkan lebih besar daripada vitamin C yang terkandung dalam jeruk. Selain itu sawi juga kaya akan vitamin A. Mengingat banyaknya kandungan sawi dengan zat- zat yang dibutuhkan tubuh, manfaat sayur sawi untuk kesehatan pun sangat banyak.



Ada dua macam sawi yang sudah dikenal. Yaitu sawi hijau dan sawi putih. Kedua sawi ini dapat dibedakan dari warnanya, sawi hijau adalah sawi yang berwarna hijau dan sawi putih adalah sawi yang berwarna putih. Sawi hijau dan sawi putih masing- masing memiliki manfaat sendiri untuk kesehatan.
Manfaat sawi putih untuk kesehatan

Sawi putih yang biasa dimasak sebagai sayur, mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut diantaranya:

1. Mencegah osteoporosis
Sawi putih kaya akan vitamin K yang bertugas untuk mengatur kalsium dan dan protein di dalam tulang. Jadi sawi dapat mencegah terjadinya masalah pada tulang seperti tulang.

2. Membantu mencegah penyakit jantung
Sawi putih mengandung vitamin E, betakaroten dan vitamin C. Zat- zat tersebut dapat mencegah kolesterol serta penyakit jantung. Selain itu sawi putih juga mengandung niasin yang dapat memperkecil terjadinya ateroskerosis, sehingga nantinya akan mencegah serangan jantung.

3. Menjaga kesehatan kornea mata
Sawi putih sangat kaya akan vitamin A. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan mata teruatam kornea mata.

4. Mencegah anemia
Sawi putih juga dapat digunakan sebagai suplemen tambah darah alami yang dapat mencegah penyakit anemia. Hal ini dikarenakan sawi putih mengandung asam folat yang nantinya akan merangsang pembentukan sel- sel adrah merah.

5. Membantu mencegah diabetes mellitus
Sawi putih mengandung banyak kalsium yang merupakan mineral penting untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam darah.

6. Membantu mencegah penyakit kanker
Hasil sebuah studi sudah menyatakan bahwa mengkonsumsi sawi termasuk sawi putih dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker.

7. Membantu mencegah penyakit gondok
Selain dengan garam beryodium, penyakit gondok juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi sawi putih. Hal ini karena sawi putih mengandung goitrogen, zat yang dapat mencegah penyakit gondok.

8. Membantu meningatkan daya tahan tubuh
Sawi putih mengandung vitamin C yang sangat banyak sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
Manfaat sawi hijau untuk kesehatan

Manfaat sayur sawi untuk kesehatan juga terdapat pada sawi hijau sawi hijau. Berikut adalah beberapa manfaat sawi hijau untuk kesehatan:

1. Membantu melawan kanker pay*udara dan kanker ovarium
Sudah disebutkan dalam sebuah studi bahwa sawi dapat mencegah kanker. Ini juga berlaku untuk sawi hijau. Sawi hijau dapat mencegah kanker terutama kanker pay*udara, ovarium, prostat dan lain- lain.

2. Menangal radial bebas
Sawi hijau juga mengandung banyak vitamin C. Sehingga mampu melindungi tubuh dari infeksi flu dan melawan radikal bebas.

3. Mencegah kanker mulut dan kanker rongga paru- paru
Sawi hijau mengandung flavonoid yang dapat mencegah kanker mulut dan kanker rongga paru- paru.
Semikian adalah beberapa manfaat sayur sawi untuk kesehatan. Kandungannya yang sangat berguna untuk tubuh menjadikan sawi semakin digemari sebagai sayur teman makan.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat gambir, manfaat lingkungan hidup , manfaat labu kuning , manfaat kol , manfaat telur asin , manfaat ikan salmon , manfaat toge , manfaat sawi

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide