Manfaat Toge Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Toge atau yang biasa dikenal dengan kecambah menjadi salah satu sayuran yang digemari masyarakat. Sayuran ini bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah maupun dimasak terlebih dahulu. Toge atau kecambah biasa dijadikan lalapan dan dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu, namun harus dicuci sampai bersih. Selain itu toge biasa dicampur dalam sayur soup ataupun sayur lainnya. Tentu toge yang biasa dikonsumsi tidak hanya sekedar memberikan efek lezat saja. Manfaat toge bagi kesehatan ternyata sangat beragam.

Toge mengandung banyak zat yang diperlukan oleh tubuh, diantaranya adalah karbohidrat, protein, vitamin dan beberapa mineral. Mineral- mineral yang terkandung di dalam toge sangatlah banyak, seperti asam folat, fosfor, potasium, kalium dan zat besi. Vitamin yang terkandung dalam toge pun tidak hanya satu jenis vitamin saja, melainkan vitamin A, vitamin B dan vitamin C.



Namun Anda harus berhati- hati dalam memasak toge. Jika tidak, kandungan – kandungan dalam toge yang didambakan malah hilang begitu saja karena proses memasak yang salah. Jika anda memasak toge dalam air mendidih terlalu lama, maka akan merusak kandungan vitamin C pada toge. Sebanyak 60% kandungan vitamin C pada toge akan hilang jika Anda memasaknya terlalu masak.

Berikut adalah beberapa manfaat toge bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah kanker
Toge mengandung antioksidan yang mampu mencegah tumbuhnya sel- sel kanker dalam tubuh. Selain itu toge juga mengandung serat dan air yang dapat membantu pembersihan usus. Jika usus bersih, maka semua kotoran dan racun pun dapat dikatakan bersih. Jika usus bersih, maka tidak ada penumpukan racun dan kotoran dalam usus yang mampu menyebabkan penyakit.

2. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan salah satu masalah tulang yang sering dialami oleh seseorang yang sudah berusia lanjut. Toge merupakan salah satu sayuran yang direkomendasikan untuk mencegah pengeroposan tulang ini. Karena toge mengandung estrogen alami yang dapat meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki susunan tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Mencegah serangan jantung
Penyakit jantung merupakan salah satu momok paling mengerikan. Bagaimana tidak, beberapa persen kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung. Toge merupakan salah satu sayuran yang mudah didapat dan dapat dimanfaatkan untuk mencegah serangan jantung. Hal ini karena toge mengandung zat yang bernama saponin. Saponin merupakan salah satu zat yang dapat menghancurkan lemak jahat.

4. Meningkatkan kesuburan
Toge memang sudah terkenal sebagai peningkat kesuburan. Kandungan vitamin E Alfa pada toge lah yang mampu membantu meningkakan kesuburan tubuh. Kandungan vitamin E tersebut dapat menangkal radikal bebas dan berperan sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan toge bertugas untuk melindungi sel- sel yang ada di dalam tubuh. Sel telur pada wanita dan sel sperma pada prima merupakan salah satu sel yang dilindungi oleh antioksidan. Secara tidak langsung, akan menjaga sel- sel ini agar tetap berkualitas dan akhirnya meningkatkan kesuburan.

Itulah beberapa manfaat toge bagi kesehatan. Tentunya sayuran atau lalapan yang satu ini akan semakin digemari dengan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Dengan sedikit pengetahuan tentang manfaat toge tersebut, toge diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam bidang kesehatan.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat imunisasi , manfaat gambir, manfaat lingkungan hidup , manfaat labu kuning , manfaat kol , manfaat telur asin , manfaat ikan salmon , manfaat toge

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide