}); Pengertian Kenampakan Alam - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Kenampakan Alam

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Apakah yang dimaksud dengan kenampakan alam? Apakah sama dengan fenomena alam? Mungkin itu pertanyaan yang muncul diantara Anda ketika mendengar kata kenampakan alam. Berikut ini akan dibahas dan diulas tentang pengertian kenampakan alam agar menjadi referensi Anda untuk menyimpulkan apa itu kenampakan alam.

Kenampakan alam atau biasa disebut dengan bentang alam adalah sesuatu yang ada di ala mini, yang terjadi secara alamiah dan dapat dilihat secara langsung oleh mata. Kenampakan yang berada di permukaan bumi ini merupakan kenampakan alam permukaan yang meliputi wilayah daratan dan lautan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai daratan dan lautan ( perairan).



1. Daratan
Daratan merupakan tempat terjadinya kehidupan. Sebagian besar aktivitas manusia dilakukan di daratan. Di daratan ini juga terdapat beberapa kenampakan alam yang bisa dilihat. Kenampakan alam yang berada di daratan tersebut adalah sebagai berikut: 

a. Dataran rendah
Dataran rendah merupakan dataran yang biasa kita tempati untuk mendirikan rumah, sebagai tempat industry dan pertanian. Dataran rendah berada diantara 0 sampai 200 m di atas permukaan air laut.

b. Dataran tinggi
Dataran tinggi terletak di lebih dari 200 m di atas permukaan air laut. Dataran tinggi yang mayoritas berudara dingin sangat cocok untuk dijadikan sebagai lahan perkebunan maupun pariwisata.

c. Gunung
Gunung merupakan kenampakan alam berupa wilayah yang lebih tinggi daripada wilayah di sekitarnya. Puncaknya terletak kurang lebih terletak pada 600 m. Ada berbagai jenis gunung. Yang paling umum yaitu gunung berapi dan gunung pasif.

d. Pegunungan
Pegunungan hampir sama dengan gunung, karena pegunungan merupakan rangkaian dari beberapa gunung.

e. Pantai
Pantai merupakan kenampakan alam yang menjadi perbatasan antara wilayah laut dan darat.

f. Tanjung
Kenampakan alam tanjung berupa daratan yang kemudian menjorok kea rah laut. Tanjung dalam skala yang lebih luas disebut dengan semenanjung.

g. Delta
Delta merupakan daratan yang terbentuk pada tengah- tengah sungai.


2. Perairan atau lautan
Wilayah perairan atau lautan merupakan wilayah yang teridiri dari komponen air. Bumi kita ini, sebagian besar terdiri dari wilayah perairan. Pengertian kenampakan alam pada wilayah perariran, terdiri dari beberapa kenampakan alam berikut ini.

a. Sungai
Sungai merupakan aliran air yang mempunyai lintasan. Bentuk- bentuk lintasan sungai pun berbeda- beda. Tergantung dengan dimana letak sungai tersebut dan lingkungan sekitar sungai. Sungai biasa digunakan sebagai sumber pengairan sawah secara alami.

b. Rawa
Rawa berupa daratan yang lebih rendah dan digenangi dengan air. Rawa biasa menjadi tempat tumbuh beberapa tumbuhan liar.

c. Danau
Danau merupakan genangan air yang luas yang terdapat di tengah- tengah daratan. Danau berupa daratan cekung yang berisi dengan air.

d. Teluk
Berlawanan dengan tanjung, teluk berupa laut yang menonjol/ menjorok ke darat. 

e. Selat
Selat merupakan laut berskala kecil yag memisahkan dua daratan.
Itulah pengertian kenampakan alam yang berada di wilayah daratan maupun lautan. Kenampakan alam tersebut merupakan gejala alam yang terbentuk secara alamiah ( dengan sendirinya).

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini :  buah buahan , buah bit , buah apel , buah kesemek , buah persik , buah semangka , buah segar , kenampakan alam

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide