Artikel : Bencana Alam Gempa Bumi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Beberapa tahun terakhir, Indonesia sering diguncang gempa bumi. Gempa bumi yang mengguncang Indonesia pun dalam skala yang cukup besar. Beberapa negara di belahan bumi lain juga sering diguncang gempa bumi. Seiring dengan sering terjadi gempa bumi di beberapa daerah di Indonesia maupun dunia. Maka, berikut ini adalah ulasan tentang Artikel bencana alam gempa bumi.

Pengertian gempa bumi
Gempa bumi merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi. Gempa bumi sendiri, bisa menyebabkan korban jiwa dan kerugian. Semua itu tergantung dari besarnya gempa yang menguncang. Tak jarang gempa bumi menyebabkan beberapa bangunan rubuh rata dengan tanah.



Gempa bumi adalah suatu peristiwa dimana bumi bergucang dengan kekuatasn danfrekuensi guncangan tertentu, tergantung dengan besarnya gempa terjadi. Gempa bumi terjadi secara tiba- tiba tanpa bisa diprediksi kedatangannya. Gempa bumi, baru bisa diketahui besar dan sumbernya setelah gempa itu terjadi.
Macam- macam gempa bumi

Menurut penyebabnya, gempa bumi dibedakan menjadi 3, yaitu:

1. Gempa bumi tektonik
Gempa bumi tektonik merupakan gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Pergerakan lempeng bumi dengan tipe tertentu di dalam bumi, dapat menyebabkan gempa bumi. Gempa tersebut memang sering terjadi di indonesia. Sebab, indonesia merupakan negara dengan pertemuan lempeng bumi.

2. Gempa bumi vulkanis
Gempa bumi vulkanis merupakam gempa bumi yang terjadi karena letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Contohnya adalah meletusnya gunung krakatau beberapa tahun silam yag mengkibatkan gempa. Ketika gunung berapi meletus, maka gunung tersebut mengeluarkan semua isinya dari inti bumi. Jika semburannya terlalu dahsyat, maka akan menyebabkan gempa bumi.

3. Gempa bumi runtuhan
Gempa bumi runtuhan merupakan gempa bumi yang terjadi akibat runtuhan sesutau yang sangat dahsyat. Misalnya saja runtuhnya bebatuan besar, sehingga menyebabkan gempa bumi. Gempa bumi ini hanya dirasakan oleh orang- orang yang bertempat tinggal di sekitar radius runtuhan.

Menurut jaraknya, Artikel bencana alam gempa bumi dibedakan menjadi, yaitu:

1. Gempa bumi sangat jauh
Sebuah gempa bumi dikatakan sebagai gempa bumi sangat jauh jika gempa bumi tersebut mempunyai jarak episentrum sebesar lebih dari 10.000 km. 

2. Gempa bumi jauh
Gempa bumi jauh merupakan gempa bumi yang mempunyai jarak episentrum sebesar 10.000 km atau mendekati angka tersebut.

3. Gempa bumi local
Gempa bumi local adalah gempa bumi yang mempunyai jarak episentrum sebesar kurang dari 10.000 km dan tidak lebih.

Tips ketika terjadi gempa bumi

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda parktikkan ketika terjadi gempa.

1. Pada saat terjadi gempa dan Anda berada di dalam ruangan seperti mall, gedung bioskop, pasar, dan tempat umum lainnya keluarlah dari gedung secara tertatur. Carilah tempat yang lapang, sehingga Anda terhindar dari runtuhan.

2. Pada saat terjadi gempa bumi ketika Anda sedang berkendara di dalam mobil, maka berhentilah di tepi jalan.

3. Pada saat terjadi gempa bumi jika Anda sedang berada di gunung atau pantai. Waspadalah dengan terjadinya longsor maupun tsunami. Carilah tempat yang aman untuk berlindung.

Itulah beberapa informasi Artikel tentang bencana alam gempa bumi. Pengertian, macam dan tips jika terjadi gempa merupakan sedikit hal yang perlu diketahui tentag gempa bumi.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide