Pengertian Bencana Alam Dan Contohnya

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Akhir- akhir ini memang sering terjadi bencana alam baik di indonesia maupun di beberapa tempat lainnya. Datangnya bencana alam dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar, kerusakan di sejumlah tempat bahkan hingga menelan korban jiwa. Berikut ini adalah ulasan tentang pengertian bencana alam dan contohnya.  

Pengertian bencana alam
Bencana alam merupakan sesuatu yang terjadi karena alam mengalami gejolak yang diluar kewajarannya. Bencana alam adalah suatu gejolak alam yang tidak wajar yan bisa menimbulkan beberapa kerugian.  Beberapa bahkan mengatakan bencana alam terjadi seiring dengan bumi yang sudah semakin tua. Sehingga sering terjadi bencana alam.



Namun tidak dapat dipungkiri bahwa terjadinya bencana alam tak lepas dari campur tangan manusia sendiri. Beberapa bencana alam terkadang bukan merupakan aktivitas alami alam, namun karena kecerobohan manusia dlam mengolah alam dan menjaga alam itu sendiri.

Contoh- contoh bencana alam

1. Bencana alam banjir
Bencana alam bnjir merupkan bencana alam yang sering terjadi di musim penghujan. Bencana alam banjir adalah meluapnya air ke pemukiman penduduk akibat meluapnya sungai yang sudah tidak mampu menampung debit air. Bencana alam banjir ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya masyarakat yang kurang tertib dalam membuang sampah. Banyak masyarakat yang membuang sampah di jalur sungai. Hal itu dapat mengakibatkan aliran sungai tersumbat. Air tidak dapat mrngalir dengan lancar sehingga meluap ke pemukiman penduduk.

2. Bencana alam tanah longsor
Pengertian bencana alam dan contohnya, salah satunya yaitu tanah longsor. Tanah longsor merupakan bencana alam yang terjadi di pegunungan. Biasanya terjadi di musim hujan. Penyebabnya, bisa karena banyaknya pohon yang ditebang sehingga menjadikan hutan gundul. Jika hutan gundul, maka tidak ada yang bisa menyangga tanah di gunung tersebut. Ditambah lagi terkadang lahan yang seharusnya menjadi tempat pohon digunakan sebagai rumah penduduk.

3. Bencana alam gempa bumi 
Bencana alam gempa bumi merupakan bencana alam yang terjadi berupa guncangan di permukaan bumi. Gempa bumi sendiri diakibatkan oleh pergerakan lempeng tektonik bumi, meletusnya gunung berapi dan runtuhan. Besarnya guncangan yang terjadi di permukaan bumi tergantung dari besarnya kekuatan dari pusat gempa itu sendiri. Gempa bumi dalam skala besar, dapat menyebabkan runtuhnya beberapa bangunan. Bahkan gempa bumi yang terjadi di dasar laut dengan skala yang besar, dapat memicu terjadinya bencana tsunami. Datangnya gempa bumi sendiri tidak bisa diprediksi kedatangannya. Gempa bumi baru bisa di deteksi barapa kekuatan dan letak sumber gempa setelah gempa terjadi.

4. Bencana alam meletusnya gunung berapi
Bencana akam yang satu ini terjadi secara alamiah. Bencana alam meletusnya gunung berapi, terjadi ketika aktivitas alamiah gunung berapi aktif tersebut meningkat. Sehingga terjadilah letusan gunung berapi. Letusan ini bisa berupa awan panas, keluarnya lahar dingin, tersemburnya beberapa material- material lainnya.

Pengertian bencana alam dan contohnya tersebut merupakan pengetahuan tentang bencana alam yang sering terjadi. Bencana alam tersebut juga bisa terjadi karena ulah manusia sendiri yang kurang menjaga alam.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide