Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Anemia

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Anemia merupakan penyakit yang biasa dialami orang- orang yang mempunyai pola hidup kurang sehat. Misalnya kurang mengkonsumsi ayuran dan buah- buahan yang banyak mengandung nutrisi untuk darah. Anemia atau kurang darah merupakan penyakit yang terjadi akibat tubuh kekurangan sel darah merah. Sebelum membahas tentang cara mengatasi dan mencegah penyakit anemia, berikut ini akan diulas sedikit tentang penyakit anemia.

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah adalah sel darah yang memegang peranan penting untuk tubuh. Karena sel darah merah mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Jika sel darah merah berkurang, maka kemampuan tubuh untuk mengikat oksigen pun berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi tidak segar karena kekurangan oksigen. Gejala- gejala sederhana anemia yaitu tubuh terasa lemah dan lesu. Karena pembakaran energy dalam tubuh menjadi terganggu. Penyakit anemia ini tidak boleh disepelekan. Penyakit anemia dalam skala fatal seperti thalasemia bahkan dapat mengakibatkan kematian.



Cara mengatasi penyakit anemia

1. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi
Cara mengatasi penyakit anemia yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Hal ini karena zat besi merupakan zat yang mampu merangsang pembentukan sel darah merah. Makanan yang banyak mengandung sel darah merah diantaranya adalah kerang, tiram, organ dalam ( terutama hati) sapi, jus angur alami dan buah plum.

2. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin b12
Anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin b12. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung  vitamin b12. Diantaranya adalah keju, telur, seafood dan daging sapi.

3. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung folat
Makanan yang mengandung folat diantaranya adalah sayuran hijau seperti bayam, kacang- kacangan dan jagung.

Cara mengatasi dan mencegah penyakit anemia selanjutnya akan mengulas tentang cara mencegah penyakit anemia.

Cara mencegah penyakit anemia
1. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau
Dengan banyak mengkonsumsi sayuran hijau, maka asupan zat besi untuk tubuh tidak perlu dikhawatirkan. Karena sayuran hijau banyak mengandung zat besi. Ini sangat baik untuk regenerasi sel- sel darah merah. Sehingga akan menghindarkan dari penyakit anemia. Sayuran hijau yang disarankan untuk dikonsumsi antara lain bayam, kangkung, buncis dan kacang- kacangan.

2. Banyak mengkonsumsi daging
Jika Anda kurang menyukai sayuran hijau, Anda bisa menggantinya dengan daging. Daging sapi merupakan daging yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Karena daging sapi banyak mengandung zat besi dan nutrisi lain yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

3. Menjaga pola hidup sehat
Menjaga pola hidup sehat juga merupakan salah satu kunci mencegah penyakit anemia. Membiasakan diri untuk berolahraga ringan secara teratur akan membantu peredaran darah lancar. Selain itu, tidak banyak begadang dan mempunyai pola tidur yang sehat juga dapat membantu mencegah penyakit anemia.

Demikian cara mengatasi dan mencegah penyakit anemia secara tradisonal. Untuk mengobati penyakit anemia dengan obat, Anda bisa mengkonsumsi suplemen penambah darah yang sudah banyak dijual di masyarakat.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide