Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Buah nangka merupakan salah satu buah yang amat digemari oleh masyarakat. Selain rasanya yang manis, buah nangka yang mudah untuk ditanam juga menjadi salah satu alasan sampai sekarang buah ini masih digemari. Cara mendapatkan buah ini pun relative mudah. Anda bisa menamnya sendiri di pekarangan rumah. Bagi yang tidak mempunyai banyak lahdan kosong di rumah jangan bersedih hati. Karena buah nangka sangat mudah dijumpai di pasar maupun swalayan. Di balik manisnya buah ini, ternyata manfaat buah nangka untuk kesehatan sangatlah beragam.

Buah yang dagingnya berserat ini mengandung beberapa zat yang berguna untuk tubuh. Buah nangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan beberapa mineral lainnya. Berikut adalah beragam manfaat buah nangka untuk kesehatan.


1. Membantu mencegah kanker
Mungkin Anda tak akan menyangka jika buah yang beraroma khas ini mempunyai manfaat yang sangat penting, yaitu buah nangka mampu membantu mencegah kanker. Buah nangka mempunyai kandungan yang dapat mencegah penyakit kanker. Zat yang dimaksud adalah fitonutrien yang dapat menangkal radikal bebas penyebab tumbuhnya kanker. Beberapa fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan saponin yang terkandung dalam buah nangka juga mempunyai sifat anti- kanker. 

2. Membantu mencegah anemia
Sudah disebutkan bahwa buah nangka mengandung beberapa mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh. Zat besi merupakan mineral yang terkandung dalam buah nangka dan berfungsi untuk mencegah anemia. Jika Anda kurang begitu menyukai suplemen penambah darah, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi buah nangka. Selain rasanya yang lezat, Anda pun terjauhkan dari anemia.
3. Melancarkan proses pencernaan
Daging buah nangka yang berupa serat, ternyata mengandung banyak serat. Serat itu sendiri dapat melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, serat pada buah nangka juga bekerja melindungi membran mukosa usus besar dan membunuh bahan kimia penyebab kanker ( karsinogenik) pada usus besar.

4. Membantu memperkuat tulang
Tidak hanya susu berkalsium tinggi yang dapat memperkuat tulang. Jika Anda alergi dengan susu, Anda bisa mencoba buah nangka. Salah satu manfaat buah nangka untuk kesehatan adalah membantu memperkuat tulang. Hal ini karena buah nangka mengandung banyak magnesium yang berperan penting dalam penyerapan kalsium. Selain dapat memperkuat tulang, buah nangka juga dapat mencegah osteoporosis.

5. Membantu menjaga kesehatan mata dan kulit
Tidak hanya wortel yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Jika Anda kurang menyukai jenis sayuran itu, maka Anda bisa menggantinya dengan buah nangka. Buah nangka juga mengandung vitamin A yang dapat membantu kesehatan mata dan kulit.

6. Membantu menurunkan tekanan darah
Buah nangka mengandung kalium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah. Jika kestabilan tekanan adarh Anda terjaga, maka Anda pun dapat terhindar dari stroke dan serangan jantung.

7. Sebagai peningkat energi
Rasa manis pada buah nangka, ternyata berbauah manis juga untuk meningkatkan energi. Hal ini karena gula yang terkandung buah nangka adalah jenis fruktosa dan sukrosa.

8. Membantu menjaga kesehatan tyroid
Buah nangka masih mengandung satu mineral lagi. Yaitu tembaga yang dapat membantu kesehatan kelenjar tyroid.

Demikian adalah beberapa manfaat buah nangka untuk kesehatan. Jadi buah nangka tidak hanya manis dimakan tapi juga manis untuk kesehatan.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide