Kandungan Gizi Pada Keju Dan Manfaatnya

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
           Keju merupakan salah satu makanan favorit. Keju bisa dikonsumsi secara langsung, dijadikan toping untuk berbagai makanan maupun dicampur dengan makanan lain. Keju mengandung banyak nutrisi yang hampir sama dengan kandungan nutrisi pada susu. Dalam satu pon keju, terdapat kandungan nutrisi yang samadengan satu galon susu.  Jika Anda kurang menyukai susu, maka keju dapat dijadikan sebagai pengganti nutrisi pada susu. Selain rasa keju yang gurih, juga terdapat berbagai macam bentuk variasi jenis keju yang dapat dinikmati. Kandungan gizi pada keju dan manfaatnya akan dibahas sebagai berikut.



Kandungan gizi pada keju  

1. Keju mengandung protein
Keju mengandung protein yang mudah dicerna. Protein pada keju mudah dicerna karena proses pemecahan protein pada keju terjadi dengan baik. Protein yang terkandung dalam keju sekitar 10% sampai 30%.

2. Keju mengandung mineral
Mineral yang terkandung dalam keju antara lain kalsium, fosfor dan seng. Kandungan kalsium pada setiap keju tidaklah sama. Tergantung pada proses penggumpalan ( koagulasi) pada keju. Keju yang dikoagulasi menggunakan enzim akan memiliki kandungan kalsium lebih besar dua kali lipast daripada keju yang dikoagulasi menggunakan asam.

3. Keju mengandung vitamin
Keju juga mengandung beberapa vitamin. Beberapa vitamin yang terkandung dalam keju adalah vitamin A, vitamin D, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6 dan vitamin B12.

4. Keju mengandung laktosa
Keju hanya mengandung laktosa sebesar 4.5 % sampai 7.5 %.

Manfaat keju untuk kesehatan
Pada kandungan gizi pada keju dan manfaatnya, juga akan dibahas beberapa manfaat keju untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat keju untuk kesehatan.

1. Untuk menjaga kesehatan gigi
Kandungan kalsium pada keju akan membantu untuk menjaga kesehatan gigi. Mungkin beberapa makanan juga dapat membantu menyehatkan gigi. Tapi, keju punya satu keistimewaan. Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi, keju mempunyai kandungan laktosa yang cukup rendah. Jadi keju sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi karena mengandung sedikit zat perusak gigi dan banyak kalsium.

2. Baik untuk massa pertumbuhan
Ini tentu kabar baik bagi anak- anak yang menyukai keju. Selain rasanya yang disukai anak- anak, keju juga mengandung vitamin B yang baik untuk masa pertumbuhan anak.

3. Membantu mencegah osteoporosis
Vitamin B pada keju akan memacu distribusi kalsium ke seluruh tubuh. Perpaduan kandungan kalsium dan vitamin B pada keju sangat baik untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Membantu mencegah kanker
Tentu akan sangat menyenangkan jika dapat mencegah penyakit kanker dengan makanan yang lezat. Keju adalah salah satu makanan yang dapat mencegah kanker. Hal ini karena keju mengandung asam konjugat dari asam linoleic dan sphingolipids.

5. Membantu mencegah diabetes
Keju mengandung sedikit laktosa yang merupakan salah satu jenis gula. Hal tentu saja menguntungkan jika keju dikonsumsi oleh penderita diabetes. Keju bisa dikatakan aman dikonsumsi penderita diabetes. Bahkan keju sangat efektif untuk menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2. Caranya adalah dengan mengkonsumsi keju sebanyak 56 gram setiap hari. Maka resiko terkena diabetes tipe 2 akan terkurangi sebanyak 12%.
Demikian kandungan gizi pada keju dan manfaatnya. Jadi selain rasanya lezat keju juga sangat bermanfaat dan bergizi.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide