Manfaat Lengkuas Untuk Kulit

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Manfaat lengkuas untuk kulit belumlah banyak diketahui oleh berbagai pihak. Hal ini terbukti dengan masih jarangnya produk- produk untuk kulit yang berbahan baku lengkuas. Sebelum mengulas lebih jauh tentang manfaat lengkuas, berikut akan disajikan serba- serbi tentang lengkuas.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah- rempah. Berbagai macam rempah terdapat di negeri ini. Lengkuas merupakan salah satu rempah yang dimiliki Indonesia dari berbagai macam rempah yang ada. Ada dua jenis lengkuas yang dikenal di indonesia, yaitu lengkuas merah dan lengkuas putih. Lengkuas merah mempunyai daging rimoang berwarna merah, sedangkan lengkuas putih daging rimpangnya berwarna putih. Lengkuas merah biasa dijadikan sebagai obat, sementara lengkuas putih lebih sering dijadikan sebagai bumbu masak bersama rempah- rempah lainnya.



Lengkuas merupakan keluarga umbi- umbian yang mempunyai nama bermacam- macam sesuai daerahnya. Di jawa lengkuas biasa disebut dengan laos, di sunda rempah ini terkenal dengan nama laja. Lengkuas mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat. Itulah mengapa banyak orang yang mencampurkan lengkuas dalam manfaatnya. Kandungan lengkuas diantaranya adalah minyak atsiri, metal sinamat, dan lain- lain.

Manfaat lengkuas untuk kulit diantaranya adalah untuk mengobati panu dan jamur kulit. Berikut adalah ulasan bagaimana lengkuas bisa menjadi obat untuk dua penyakit kulit ini.

1. Manfaat lengkuas untuk mengobati panu
Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu. Walaupun kenampakannya hanya berupa bercak putih pada kulit, namun penyakit panu ini tidak boleh disepelekan. Jika dilihat, maka penyakit panu ini pun sangat mengganggu pemandangan kulit yang seharusnya tampak bersih.
Jika di dapur anda terdapat banyak lengkuas, anda bisa memanfaatkan bumbu dapur ini sebagai obat panu. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menyiapkan lengkuas sebagai obat panu adalah menyiapkan lengkuas dan spiritus. Kemudian potong- potong lengkuas tersebut. Tempelkan potongan lengkuas tersebut pada kulit yang berpanu selama beberapa saat. Setelah itu, barulah diolesi dengan spiritus secukupnya. Lakukan pengobatan ini setiap pagi dan sore hari secara teratur sampai panu hilang. Dan kulit anda pun menjadi bersih kembali tanpa noda putih panu.

2. Manfaat lengkuas untuk mengobati jamur kulit
Penyakit jamur kulit merupakan penyakit yang tidak dapat dianggap sepele. Penularannya sangat mudah sekali. Bisa lewat perantara langsung maupun tidak langsung yaitu melalui pakaian yang sering dipakai. Penyakit jamur kulit ini bisa berupa kadas maupun kurap.

Lengkuas bisa dijadikan sebagai rempah- rempah yang dapat mengobati jamur kulit. Cara yang harus dilakukan adalah menyediakan satu lengkuas dan satu lembar daun sirih. Lengkuas dan sirih dipotong kecil- kecil sehingga memudahkan proses penumbukan. Setelah ditumbuk, gosokkan hasilnya pada jamur kulit setiap pagi dan sore hari. Lakukan dengan teratur sampai jamur di kulit hilang.

Manfaat lengkuas untuk kulit tersebut dapat dipraktikkan sendiri dengan dosis yang tidak berlebihan. Jadi lengkuas tidak hanya tersimpan pada kotak rempah dapur anda, namu juga bermanfaat sebagai obat penyakit kulit di atas. Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat daun singkong, manfaat mahkota dewa, manfaat strawberry, manfaat kangkung, manfaat lengkuas

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide