Manfaat Daun Singkong Dan Kandungannya Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Siapa yang tak kenal daun singkong? Rasa- rasanya semua pasti sudah mengenal daun singkong, kambing saja kenal apalagi manusia. Namun tak banyak yang tahu tentang manfaat daun singkong dan kandungannya bagi kesehatan.

Mulanya singkong dijadikan makanan pokok pada jaman kuno. Tanaman ini pertama kali muncul di amerika selatan. Kemudian singkong mengalami perjalanan panjang hingga sampailah singkong di indonesia melalui belanda, portugis, dan negara lain yang pernah singgah di sini. Singkong yang sudah dimanfaatkan dari jaman dahulu tentunya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.



Walaupun daun singkong ini sering dianggap remeh karena harganya yang relatif murah, tapi khasiat dari daun singkong ini tak boleh diremehkan. Kandungannya pun tak semurah meriah harganya. Karena daun singkong mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan daun singkong
Bagi anda yang kurang menyukai daun singkong, mungkin anda akan mulai berpikir ulang setelah mengetahui kandungan- kandungannya. Daun singkong mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh dalam kadar tertentu. Daun singkong juga kaya akan vitamin A, vitamin B17 dan vitamin C. Selain mengandung protein dan beberapa vitamin, daun singkong juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor dan hidrat arang.
Ternyata daun singkong memang banyak mengandung mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam bermetabolisme.

Manfaat daun singkong bagi kesehatan

1. Mengobati sakit kepala
Daun singkong memang belum banyak digunakan sebagai obat sakit kepala. Namun daun yang satu ini membuktikan eksistensinya sebagai obat sakit kepala. Untuk menjadika daun singkong sebagai obat sakit kepala, anda harus menyiapkan beberapa lembar daun singkong yang sudah dibersihkan. Kemudian daun singkong tersebut dirumbuk hingga halus. Itulah yang nantinya akan mejadi obat sakit kepala anda. Yakni dengan cara menempelkan hasil tumbukan daun singkong pada bagian kepala yang terasa sakit. Lakukan kegiatan ini secara terus menerus selama rasa akit di kepala masih menyerang.

2. Mengobati diare
Manfaat dan kandungan daun singkong bagi kesehatan ternyata juga berimbas pada sakit diare. Mungkin selama ini daun jambu terlebih dahulu dipercaya sebagai obat diare. Jika di tempat tinggal anda sulit menemukan daun jambu, maka anda bisa beralih ke daun singkong. Tidak usah khawatir, karena daun singkong pun mujarab sebagai obat diare. Caranya cukup mudah. Anda tinggal mengambil beberapa lembar daun singkong dan merebusnya dengan air sebanyak 900 cc. Jika air rebusan tersebut sudah berkurang menjadi 450 cc, maka proses merebus dirasa cukup. Air tersebut bisa anda minum sebagai obat diare dengan meminumnya dua kali ( pagi dan sore).

3. Mengobati rematik
Jika anda menderita rematik dan ingin mencoba obat tradisonal, daun singkong dapat anda jadikan sebagai salah satu alternatifnya. Agar daun singkong dapat menadi obat rematik, maka yang harus anda lakukan adalah menyiapkan daun singkong sebanyak 5 lembar. Kemudian tumbuklah daun singkong tersebut bersama jahe merah 15 gram, sedikit kapur sirih, dan air secukupnya. Hasil tumbukan yang halus tersebut siap dioleskan pada bagian tubuh yang sakit sebagai obat rematik. 

Uraian di atas adalah beberapa manfaat daun singkong dan kandungannya bagi kesehatan. Mungkin penelitian- penelitian mendatang akan menemukan manfaat- manfaat daun singkong yang lain. Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : Manfaat Kulit Pisang, manfaat jamur, manfaat rokok, manfaat durian, manfaat daun singkong

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide