Manfaat Jamur Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Ada berbagai macam jamur yang kita kenal. Diantaranya yang namanya sering kita dengar yaitu jamur kuping dan jamur kancing. Jamur biasa diolah menjadi berbagai jenia makanan maupun camilan. Selain jamur bisa disulap menjadi berbagai janis makanan yang lezat ternyata jamur juga mempunyai manfaat lain. Beberapa manfaat jamur untuk kesehatan akan disajikan bersama jenis jamurnya, berikut ini.



Jamur Shitake sebagai penghambat virus HIV
Jamur shitake atau dalam bahasa latinnya lentinus edodes, mempunyai khasiat yang sangat penting untuk dunia. BPPT telah melakukan penelitian terhadap jamur shitake. Bahkan sudah dikemukakan bahwa jamur shitake mengandung senyawa beta-glucan yang dapat menghambat virus hiv. Penelitian ini tentunya menjadi kabar baik bagi seluruh warga dunia mengingat HIV adalah penyakit yang sangat ditakuti.

Selain bermanfaat untuk menghambat virus HIV, beta-glucan juga bermanfaat sebagai anti- kanker, anti- diabetes dan menurunkan kadar kolesterol. Anda ridak perlu khawatir jika ingin mengolah jamur jenis ini sendiri di rumah. Walaupun anda memasaknya terlalu matang itu tidak akan merusak kandungan- kandungannya.

Jamur kuping sebagai penetral racun
Jamur yang satu ini tentunya sudah lebih akrab ditelinga masyarakat. Dalam dunia memasak,  jamur kuping biasa digunakan sebagai pengganti daging, sayur dan pengental. Namun dalam dunia kesehatan, jamur kuping dapat difungsikan sebagai penetral racun. Lender jamur kuping dipercaya dapat menetralkan racun. Beberapa orang sudah mempraktrikkan  teori ini dengan mencampurkan jamur kuping dalam berbagai makanan. Dimaksudkan agar jamur kuping dapat menetralkan racun- racun yag ada pada makanan lain. Selain itu jamur kuping juga bermanfaat sebagai anti- kolesterol.

Jamur tiram sebagai obat diabetes dan penyakit lain
Jamur tiram merupakan salah satu jamur dengan kandungan yang sangat benyak. Dimulai dengan berbagai vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Kemudian jamur tiram juga mengandung karbohidrat, protein dan kalsium. Jamur tiram bermanfaat sebagi obat diabetes dan lever. Selain itu, jamur tiram juga sangat bagus jiak digunakan untuk berdiet. Kandungan seratnya yang tinggi akan membantu akan menjaga rasa kenyang.

Jamur merang sebagai pencegah anemia
Manfaat jamur untuk kesehatan, terutama jamur merang adalah sebagai pencegah anemia. Selain mencegah kurangnya darah, jamur tiram juga dapat mencegah terjadinya hipertensi. Jamur merang mengandung berbagai macam enzim. Salah satu kandungan enzimnya yang tinggi yaitu enzim tripsin yang bermanfaat untuk proses pencernaan makanan.

Jamur lingzhi untuk meningkatkan metabolisme
Nama jamur ini mungkin masih terasa asing. Namun tak ada salahnya mengetahui manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Jamur lingzhi bermanfaat untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Bahkan salah satu penelitian di jepang menyebutkan bahwa jamur ini dapat memperkuat system kekebalan tubuh ( sistem imune) . Selain untuk kesehatan, jamur lingzhi juga bermanfaat utnuk kecantikan, yaitu mencegah penuaan dini.

Dengan mengetahui beberapa manfaat jamur untuk kesehatan, diharapkan jamur mulai banyak dilirik sebagai salah satu bahan makanan yang banyak dicari. Agar tanaman jamur yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tersebut dapat dimaksimalkan penggunaannya. Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : Manfaat Yogurt, Manfaat Sedekah, Manfaat Kacang Tanah, Manfaat Kulit Pisang, manfaat jamur

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide