Kandungan Dan Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
      Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan bergizi yang sudah sering diolah menjadi berbagai produk makanan. Beberapa pakar medis sudah sering mengemukakan manfaat oatmeal untuk kesehatan. Bagi penderita jantung dan diabetes, mengkonsumsi oatmeal sangat disarankan. Berikut adalah beberapa kandungan dan manfaat oatmeal untuk kesehatan.

Kandunga oatmeal
Sebagai salah satu makanan bergizi oatmeal mengandung banyak nutrisi yag bermanfaat untuk tubuh. Salah satu kandungan oatmeal yang bermanfaat adalah kandungan serat yang cukup tingi. Mengingat serat sangat dibutuhkan tubuh untuk bermetabolisme. Selain serat, oatmeal juga mengandung protein, vitamin B1, fosfor dan magnesium yang sangat bermanfaat untuk tubuh.



Manfaat oatmeal untuk kesehatan 
Kandungan oatmeal yang bergizi, mambuat oatmeal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat oatmeal untuk kesehatan.

1. Untuk menurunkan kolesterol
Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol, oatmeal dapat Anda jadikan sebagai salah satu makanan untuk dikonsumsi. Karena satu cangkir oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat dan mampu menurunkan kolesterol. Serat yang terkandung dalam oatmeal merupakan serat larut yang mampu menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol jahat.

2. Mampu mengurangi resiko hipertensi
Bagi wanita usia lanjut yang rentan terhadap resiko hipertensi, disarankan untuk mengkonsumsi enam porsi oatmeal setiap minggunya. Selain berfungsi untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung, oatmeal juga berfungsi untuk mengurangi resiko hipertensi.

3. Membantu mencegah pengerasan arteri
Kandungan dan manfaat oatmeal untuk kesehatan juga bermanfaat untuk mencegah pengerasan arteri. Senyawa antioksidan pada oatmeal mampu mencegah arteri dari pengerasan.

4. Membantu mencegah kanker payu*dara
Sebuah study di inggris menyebutkan bahwa bahwa wanita yang hampir mencapai masa menopose mampu mengalami penurunan resiko terkena kanker payu*dara sebanyak 41% jika mengkonsumsi makanan berserat dari golongan biji- bijian maupun serealia. Oatmeal merupakan salah satu makanan yang dapat dipilih untuk mendapatkan kandungan serat dari serealia ini. Karena oatmeal kaya akan serat yang dapat yang akan menghambat pertumbuhan zat- zat pemicu kanker ( karsinogen).

5. Mengatasi diabetes
Oatmeal mampu menurunkan resiko terkena diabetes. Hal ini karena oatmeal mengandung magnesium yang akan mengontrol kadar insulin dan kadar glukosa. Sehingga kadar insulin dan glukosa akan stabil. Agar oatmeal dapat optimal menurunkan kadar insulin dan glukosa, Anda dapat mengkonsumsinya bersama susu rendah lemak.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Selain oatmeal mengandung serat larut, oatmeal juga mengandung serat berjenis beta-gluten serat. Serat jenis ini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki sel- sel tubuh yang rusak.

7. Mampu mencegah obesitas
Bagi Anda yang tidak ingin mempunyai berat badan berlebih, oatmeal dapat menjadi salah satu solusinya. Kandungan serat pada oatmeal akan membantu Anda memperoleh rasa kenyang lebih lama. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa oatmeal dapat menurunkan resiko obesitas pada anak- anak.

8. Bermanfaat bagi penderita celiac
Celiac adalah syndrome yang menyebabkan usus tidak dapat melakukan penyerapan nutrisi secara sempurna. Celiac dapat ditangani dengan megkonsumsi makanan yang mengandung gluten. Oatmeal megandung sedikit gluten yang dapat bermanfaat bagi penderita celiac.

Itulah kandungan dan manfaat oatmeal untuk kesehatan. Manfaatnya untuk kesehatan akan membuat makanan olahan berbahan dasar oatmeal semakin berkembang.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide