Manfaat Akar Alang- Alang Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Alang- alang atau yang lebih dikenal dengan ilalang merupakan tanaman yang tumbuh dipersawahan. Tanaman liar ini sering disebut sebagai tanaman pengganggu. Alang- alang merupakan sejenis rumput yang mempunyai daun tajam. Nama ilmiah dari alang- alang itu sendiri adalah Imperata cylindrical. Seperti tanaman lain yang mempunyai manfaat untuk manusia maupun lingkungan, alang- alang yang dikatakan sebagai tanaman pengganggu petani pun mempunyai banyak manfaat. Manfaat akar alang- alang bagi kesehatan antara lain:



1. Akar alang- alang membantu mengobati penyakit batu ginjal.
2. Akar alang- alang membantu mengobati kencing batu.
3. Akar alang- alang membantu menyembuhkan penyakit batu empedu.
4. Akar alang- alang membantu menyembuhkan infeksi ginjal.
5. Akar alang- alang membantu mengobati keputihan.
6. Umbi alang- alang membantu menyembuhkan kencing yang tak berhenti.
7. Umbi alang- alang membantu mengobati penyakit prostat.
8. Rimpang alang- alang membantu mengobati campak.
9. Akar alang- alang membantu mengobati pendarahan pada wanita.
10. Akar alang- alang membantu menyembhukan hepatitis
11. Akar alang- alang membantu mengobati penyakit radang paru- paru.
12. Akar alang- alang membantu menyembuhkan gangguan pencernaan.
13. Akar alang- alang membantu menyembuhkan diare.


Selain beberapa manfaat akar alang- alang bagi kesehatan di atas akar alang- alang juga bermanfaat untuk menyembuhkan mimisan. Akar alang- alang mempunyai sifat hemostatik, yaitu suatu sifat yang dapat menghentikan pendarahan. Tidak hanya pendarahan di hidung seperti mimisan, namun juga pendarahan- pendarahan yang lain.

Akar alang- alang juga dapat digunakan sebagai obat peluruh air seni. Jika Anda ingin menggunakan akar alang- alang sebagai obat peluruh air seni, maka Anda harus menyiapkan sebanyak 49 akar alang- alang kering. Akar alang- alang tersebut kemudian di potong kecil- kecil. Akar alang- alang yang sudah kecil- kecil direbus dengan menggunakan dua gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersebut tersisa sebanyak satu gelas saja. Setelah air tersebut dingin, saring dan air ini pun siap diminum sebagai obat. Minumlah air ini sebanyak 2 kali sehari secara teratur.

Akar alang- alang juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam dan menghentikan kencing berdarah. Caranya adalah sebagai berikut. Pertama Anda siapkan satu sendok makan penuh umbi akar alang- alang. Siapkan juga beberapa potong tang kwe. Tang kwe adalah daging buah beligu yang sudah matang kemudian dibuat manisan kering. Rebus satu sendok makan penuh umbi akar alang- alang dengan beberapa potong tang kwe dan jangn lupa bersama dua gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa satu gelas ( atau setengahnya). Ramuan ini pun siap dijadikan sebagai obat untuk menurunkan panas dan menghentikan kencing berdarah. Minum ramuan tersebut sebanyak dua gelas dalam satu hari. Minum secara teratur. Maka suhu badan pun akan turun dan kencing berdarah pun akan terhenti.

Demikian ulasan tentang manfaat akar alang- alang bagi kesehatan. Banyaknya manfaat akar alang- alang untuk kesehatan akan menambah kebergunaannya sebagai tanaman obat tidak hanya sebagai tanaman penganggu.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat kacang merah, manfaat buncis, manfaat biji papaya, manfaat rumput Fatimah, manfaat cabe, manfaat oatmeal, manfaat keju, manfaat akar alang-alang,

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide