Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Asam jawa di indonesia lebih dikenal sebagai bumbu dapur atau bumbu masak. Sayur asam merupakan salah satu bukti kalau asam jawa lebih sering digunakan untuk memasak. Namun, manfaat asam jawa bagi kesehatan ternayata sangat beragam.

Asam jawa berasal mempunyai rasa yang masam seperti namanya. Kulitnya yang berwarna coklat kehitaman kadang membuat asam jawa ini dijuluki asam kawak. Rasa asam dari asam jawa dikarenakan daging buahnya mengandung asam tatrat, asam malat, asam sitrat, asam suksinat dan asam asetat. Berikut adalah beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan:



1. Asam jawa membantu kesehatan pencernaan
Bagi yang sering mencampurkan asam jawa untuk masakannya, tak perlu berhenti menggunakannya lagi. Karena ternayata asam jawa mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan pencernaan. Penelitian- penelitian terpercaya sudah menyebutkan bahwa asam jawa dapat dijadikan obat diare kronis. Asam jawa mengandung banyak serat yang dapat berfungsi sebagai pencahar. Serat dalam asam jawa dapat merangsang asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan dan merangsang mepedu untuk melarutkan makanan secara lebih cepat. Asam jawa juga dapat dijadikan salah satu obat alternative bagi penderita sembelit kronis.

2. Asam jawa membantu menjaga kesehatan jantung
Asam jawa dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dalam asam jawa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada pembulh darah dan arteri. Kalium dan vitamin C pada asam jawa juga dapat menurnkan tekanan darah dan menguragi stress pada sistem kardiovaskuler. Hal- hal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Asam jawa membantu sirkulasi oksigen
Asam jawa mengandung banyak zat besi. Zat besi sangat bermanfaat untuk tubuh. Jika tubuh Anda kekurangan zat besi, maka Anda bisa terkena anemia dengan gejala mudah lelah, kekurangan tenaga dan sakit kepala. Zat besi akan membantu Anda untuk menangani semua masalah ini. Karena zat besi akan memenuhi keperluan sel darah merah sehingga melancarkan sirkulasi oksigen pada tubuh.

4. Asam jawa membantu menjaga fungsi saraf
Manfaat asam jawa bagi kesehatan juga untuk membantu menjaga fungsi saraf. Hal ini karena asam jawa mengandung vitamin B yang sangat tinggi. Sehingga asam jawa dapat membantu menjaga fungsi saraf dan juga untuk perkembangan otot.

5. Asam jawa membantu menjaga berat badan
Asam jawa dapat menekan nafsu makan dan mengandung senyawa yang mampu menjaga berat badan. Senyawa yang mampu membantu seseorang menjaga berat badan adalah HCA ( Hydroxycitric Acid).

6. Asam jawa mengontrol diabetes
Asam jawa dapat membantu menekan glukosa dan kadar insulin yang terbentuk dari proses pencernaan terhadap karbohidrat. Jadi secara tidak langsung asam jawa membantu mengontrol diabetes.

7. Asam jawa membantu menjaga kekebalan tubuh
Asam jawa kaya akan vitamin C. Vitamin C inilah yang akan membantu menjaga kekebalan tubuh.

8. Asam jawa berfungsi sebagai anti- inflamasi
Sebagai anti- inflamasi, asam jawa berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri akibat rematik, mengurangi nyeri sendi dan artitis.

Demikian adalah beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan. Dengan mengetahui manfaatnya untuk kesehatan, maka asam jawa akan semakin berguna tidak hanya sebagai bumbu dapur saja.

Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini : manfaat buncis, manfaat biji papaya, manfaat rumput Fatimah, manfaat cabe, manfaat oatmeal, manfaat keju, manfaat akar alang-alang, manfaat asam jawa

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide