pengertian Manfaat Lingkungan Alam

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Sumber daya alam dan Lingkungan merupakan lingkungan yang menjadi tempat tinggal manusia dan makhluk hidup lainnya. Lingkungan alam merupakan tempat yang menyediakan berbagai macam komponen. Misalnya saja komponen biotic dan komponen abiotik. Komponen biotic merupakan komponen yang hidup. Dalam artian semua makhluk hidup yang berada di lingkungan alam. Contoh komponen biotic yaitu tumbuhan, hewan dan jasad renik. Sedangkan komponen abiotik merupakan komponen yang tidak hidup. Contoh komponen abiotik adalah air, udara dan sinar matahari. Manfaat lingkungan alam secara umum, yaitu sebagai tempat hidup semua makhluk hidup.



Lingkungan alam dan komponen di dalamnya saling terkait satu sama lain dan saling membutuhkan satu sama lain. Manusia merupakan makhluk yang paling kompleks membutuhkan lingkungan alam. Contoh sederhananya, manusia membutuhkan udara dan air untuk kelangsungan hidup sehari- hari. Manusia juga membutuhkan hewan dan tumbuhan untuk melangsungkan hidupnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diuraikan tentang manfaat lingkungan alam.

Manfaat lingkungan alam yang pertama yaitu sebagai tempat hidup semua makhluk maupun komponen di dalamnya. Lingkungan alam merupakan tempat terjadinya interaksi antar sesame makhluk hidup serta tempat berpijaknya semua makhluk hidup. Dalam artian lingkungan alam merupakan wadah bagi kehidupan mahkluk hidup. Di lingkungan alam, makhluk hidp melakukan semua aktivitas dan kegiatannya.

Manfaat lingkungan alam yang kedua yaitu alam meyediakan tanah yang sangat multifungsi. Tanah merupakan lahan hidup tumbuhan. Manusia juga membutuhkan tanah untuk dikelola lebih lanjut. Tanah sebagai tempat berdirinya rumah, tanah sebagai tempat bercocok tanam dan tanah sebagai lahan yang lain. Dengan mengelola tanah sebagai lahan bercocok tanam, manusia akan mendapatkan sumber makanan bergizi.

Manfaat lingkungan alam yang ketiga yaitu lingkungan alam menyediakan unsure oksigen. Oksigen merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup. Semua makhluk hidup bernafas menggunakan oksigen. Manusia, hewan dan tumbuhan membutuhkan oksigen untuk bernafas. Namun tumbuhan juga membantu menyediakan unsure oksigen ini. Karena tumbuhan dapat menjalankan proses fotosintesis untuk menghasilka oksigen.

Manfaat lingkungan alam yang keempat yaitu alam menyediakan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan untuk manusia. Tumbuhan merupakan sumber bahan pangan yang mengandung banyak nutrisi dan protein nabati. Sedangkan hewan menyumbangkan protein hewani pada manusia.

Manfaat lingkungan alam yag kelima yaitu alam menyediakan sumber daya alam yang berlimpah untuk kehidupan. Contoh nyata alam menyediakan sumber daya alam adalah manusia yang sudah banyak memanfaatkannya. Manusia sering memanfaatkan sumber daya alam untuk kebutuhan hidup. Misalnya manusia memanfaatkan sumber daya minyak bumi untuk kemudian diolah menjadi bensin untuk kehidupan manusia.

Manfaat lingkungan alam yang selanjutnya yaitu mikroorganisme yang terkandung di alam sangat bermanfaat untuk kehidupan. Jasad renik berfungsi untuk menguraikan jasad- jasad yang sudah mati menjadi tanah kembali.

Manfaat lingkungan alam yang terakhir yaitu alam menyediakan air yang merupakan komponen utama kehidupan. Tanpa air, semua makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Manusia dan hewan membutuhkan air untuk minum. Dan tumbuhan membutuhkan air untuk menjalan proses- proses yang terjadi pada tumbuhan.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide