Macam Macam Jenis Penyakit Kulit

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Kulit merupakan salah satu organ yang rawan terkena penyakit. Bagaimana tidak, kulit terletak di paling luar tubuh. Kulit berperan untuk melindungi oragn tubuh lainnya. Bahkan kulit menjadi organ paling luar yang melindungi tubuh. Kulit terkena serangan debu maupun berbagai bakteri. Hal ini menjadikan kulit berpotensi untuk dihinggapi penyakit. Berikut ini adalah macam- macam penyakit kulit.



1. Panu
Panu merupakan penyakit umum yang sudah banyak dikenal. Panu merupakan penyakit kulit berupa bercak putih pada kulit tubuh. Bercak putih ini semakin lama akan semakin bertambah jika tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Penyakit panu ini akan menimbulkan rasa gatal. Terutama ketika tubuh berkeringat. Penyakit panu ini disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada kulit. Pola hidup yang kurang bersih dapat menimbulkan jamur pada kulit dan menyebabkan panu. Jika tidak segera ditangani, penyakit panu dapat menyebar luas dan membuat tidak indah dipandang mata.

2. Kudis atau scabies
Kudis adalah penyakit kulit yang paling mudah untuk ditularkan. Hanya melalui kontak langsung saja, kudis dapat menular. Kudis sendiri disebabkan oleh binatang tugau. Kudis biasanya menyarang anak- anak. Karena daya tahan tubuh anak- anak lumayan rentan untuk terkena penyakit. Gaya hidup yang kurang bersih dapat mengakibatkan hidupnya binatang tungau yang bisa sebabkan kudis.

3. Eksim atau dermatitis
Macam- macam penyakit kulit selanjutnya yaitu eksim atau dermatitis. Eksim atau dermatitis berupa rasa gatal yang berlebihan. Eksim atau dermatitis itu sendiri bisa dikibatkan karena alergi bahan kimia maupun makanan. Bahan kimia yang terkandung dalam sabun, detergen dan lain- lain dapat menjadi penyebab eksim. Tandanya, setelah menyentuh atau memakai bahan- bahan tersebut akan timbul rasa gatal pada tubuh yang berlebih. Kemudian terdapat ruam merah dan bintik- bintik kecil berair atau bernanah. Hal tersebut juga dapat terjadi ketika mengkonsumsi makanan seperti udang yang menimbulkan alergi.

4. Jerawat
 Jerawat tentu sudah sering didengar di kalangan masyarakat. Jerawat menjadi penyakit kulit yang paling terkenal. Terutama bagi kaum wanita yang sering mengalaminya. Jerawat sendiri tidak hanya timbul di wajah. Namun juga bisa timbul di punggung yang disebut dengan jerawat punggung. Jerawat muncul karena bakteri yang menyerang. Terutama di bagian pori- pori kulit yang berminyak. Jerawat ada berbagai jenis. Diantarnya yaitu jerawat biasa, jerawat batu dan komedo. Maisng- masing jerawat membutuhkan penyembuhan dan perawatan yang berbeda pula.

5. Bisul atau furunkel
Bisul tentu sudah banyak dikenal layaknya jerawat. Penyakit kulit berupa tonjolan besar di kulit berwarna merah dan berisi nanah. Bisul timbul di bagian- bagian tubuh yang lebih lembab. Bisul sendiri disebabkan oleh bakteri stafilokokus aureus.

6. Campak atau rubella
Campak merupakan penyakit kulit yang sering diderita oleh anak- anak. Itulah kenapa pemerintah menyarankan imunisasi campak pada anak- anak. Gejalanya berupa ruam merah pada kulit, demam, dan lain- lain.

Demikian macam- macam penyakit kulit yang sering diderita. Kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang kurang bersih dan sehat.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide