Khasiat Sirih Merah Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
         Khasiat Sirih Merah Bagi Kesehatan digunakan untuk keputihan memang sudah tidak diragukan lagi. Akan tetapi tidak hanya itu, khasiat sirih merah juga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Khasiat daun sirih merah atau dengan nama ilmiah biasa disebut dengan nama Crocatum Piper, ini sudah sangat dikenal baik oleh masyarakat.

      Daun sirih merah termasuk ke dalam jenis tumbuhan anggur, daunnya berbentuk seperti hati dan berwarna merah kehijauan. Membudidayakan daun sirih merah sangat mudah khususnya di  daerah dataran tinggi. Cara membudidayakan daun sirih merah ini pun tergolong mudah, yaitu dengan hanya memotong bagian batang sirih merah setelah itu dimasukkan ke kolibet, lalu diletakkan di  daerah yang lembab yang tidak terkena matahari secara langsung. Jika tanaman ini diletakkan di  area yang terkena matahari secara langsung, dipastikan tanaman ini tidak bisa tumbuh, karena batangnya akan mengalami pengeringan, selain itu kandungan zat - zat yang terdapat pada daun sirih merah akan hilang seiring dengan menyusutnya batang daun sirih merah tersebut.



       Daun sirih merah ini mengandung berbagai senyawa kimia, beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman ini seperti allylprokatekol, alkaloid, cineole, ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak atsiri dan masih banyak lagi kandungan yang berkhasiat pada tanaman tersebut.

    Adapun beberapa Khasiat Sirih Merah Bagi Kesehatan yang dapat disimpulkan, sebagai berikut ini : 

1. Zat Plavonoid Polyfenol pada daun sirih merah memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh seseorang, misalnya : sebagai antioksidan bagi tubuh, sebagai anti kanker alami, sebagai tanaman anti-inflamasi, sebagai antiseptic dan juga digunakan sebagai antideabetik.

2. Daun sirih merah mengandung senyawa alkanoid yang mempu melindungi tubuh dari berbagai macam radikal bebas, sehingga dapat mencegah penyakit kanker, selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan sel - sel kanker.

3. Daun sirih merah mengandung zat yang dinamakan karvakol, zat inilah yang berkhasiat sebagai zat anti jamur dan desinfektan alami.

4. Khasiat sirih merah juga dipercaya sebagai obat alami analgesik atau biasa dikenal sebagai obat penenang alami, karena daun sirih merah mengandung senyawa eugenol yang bermanfaat sebagai analgesik.

5. Khasiat daun sirih merah lainnya yaitu dapat mengatasi gangguan pencernaan, dan biasanya dijadikan obat ramuan untuk mengobati diare/mencret dan juga bermanfaat sebagai tumbuhan herbal antiseptic.

6. Daun sirih merah juga berkhasiat sebagai obat bagi penderita diabetes. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang di  uji coba pada seekor tikus yang mengalami penyakit diabetes, diminumkannya hasil rebusan daun sirih merah tersebut kepada tikus tersebut, alhasil penyakit diabetes pada tikus bisa sembuh. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa khasiat sirih merah sebagai pengontrol dan penetral gula darah dalam tubuh.

7. Khasiat daun sirih merah juga mampu untuk menghilangkan nyeri sendi atau pegal linu, iritasi atau peradangan pada mata, sebagai obat penyakit darah tinggi, liver, dan masih banyak lagi.

    Dari berbagai Khasiat Sirih Merah Bagi Kesehatan yang telah dipaparkan di atas, ada baiknya kita mencoba untuk membudidayakan tanaman herbal alami seperti daun sirih merah karena dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide