Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
     Sirih bernama latin Piper Betle, merupakan tumbuhan yang sangat bermanfaat. Kandungan antiseftik yang ada di dalamnya membuat tanaman berdaun runcing tersebut tergolong tumbuhan herbal. Berbagai Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan terkandung dalam tanaman berwarna hijau yang tumbuh merabat tersebut. Dahulu tak sedikit orang tua yang menjadikan daun sirih sebagai kebiasaan mereka. Dikonsumsi bersama getah dan kapur sirih, dikunyah hingga mengeluarkan getah berwarna kemerahan. Tak jarang, gigi nenek-nenek kita berwarna merah.

       Saya pernah tanya apa khasiat daun sirih yang mereka konsumsi dengan cara mengunyahnya. Menurut keyakinan mereka sirih bisa menjadikan gigi mereka kuat. Awalnya saya penasaran apa benar demikian. Akhirnya saya yakin melihat mereka masih memiliki gigi utuh, meski warnanya tak lagi cemerlang.



        Di Sumatera Selatan, tradisi sekapur sirih masih tetap dipertahankan sebagai simbol penghormatan pada tamu pada sejumlah acara formal. Namun, masih banyak khasiat lain yang bisa dimanfaatkan dari daun sirih untuk kesehatan.

       Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan pertama mampu mengatasi Mimisan. Ketika darah mengucur dari hidung, ambil satu lembar siri kemudian gulung dan sumbatkan ke hidung yang berdarah. Tak butuh waktu lama, mimisan akan terhenti dengan sendirinya.

       Selain itu siri juga dipercaya mampu mengatasi diare. Hanya saja dibutuhkan bahan tambahan untuk memperkuat khasiat daun tersebut, yakni 6 butir merica dan minyak sayur satu sendok. Caranya dengan menumbuk halus ketika bahan bersamaan sampai lembut dan dioleskan ke perut.

         Kemampuan daun siri menghilangkan bau mulut, bau badan dan keputihan juga menjadi salah satu alasan masyarakat memanfaatkan tumbuhan rambat tersebut. Meski bukan tergolong penyakit berat. Namun, ketiga keluhan itu banyak dialami masyarakat.

Untuk menanggulanginya, daun sirih dicuci sampai bersih kemudian direbus menggunakan air. Kemudian air hasil rebusan bisa digunakan untuk kumur-kumur, mandi hingga untuk membasuk organ in*tim wanita. Atau bisa dikunyah beberapa menit secara rutin sebanyak 3 kali sehari.

  Daun sirih juga mampu mengatasi gatal-gatal dan alergi, bisul, korengan, pembengkakan gusi, gusi berdarah, radang tenggorokan, bronkitis, menyembuhkan luka bakar, mata gatal dan merah, sariawan, jantung, serta asi berlebihan.

Cara memanfaatkan daun sirih untuk berbagai penyakit tersebut beragam, mulai dari merebus daun sirih dan meminumnya seperti pada kasus bau badan, jantung dan bronkitis. Bisa juga dengan kumur-kumur pada kasus radang tenggorokan, gusi berdarah, pembengkakan gusi dan sariawan. Sedangkan untuk penderita asi berlebih, luka bakar, daun sirih ditumbuk dan ditempelkan pada daerah yg sakit. Sementara bagi yang mata merah dan gatal, manfaat daun sirih di dapat dari menggunakan rebusan yang telah dingin untuk membasuh mata.

Dari berbagai Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan semoga dapat membantu anda mengatasi keluhan yang di derita. Dengan memanfaatkan berbagai cara pemanfaatan khasiat daun sirih sesuai kebutuhan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi kesehatan anda.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide