Khasiat Kunyit Bagi kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
     

Curcumin atau yang sehari - hari sering Kita sebut kunyit merupakan salah satu rempah - rempah yang biasanya digunakan untuk bumbu pelengkap pada makanan sehari-hari. Kunyit memiliki rasa pahit namun hangat ke dalam tubuh dan sering digunakan untuk penyedap rasa. Sebelum membahas tentang Khasiat Kunyit Bagi kesehatan, alangkah baiknya Kita simak terlebih dahulu klasifikasi kunyit berdasarkan kelompoknya.

    Tanaman kunyit tergolong kedalam kelompok jahe - jahean (Zingiberaceae) yang memiliki empat jenis yaitu kunyit putih, merah, hitam dan kuning. Berikut klasifikasinya :

- Kingdom: Plantae (Tumbuhan).
- Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh).
- Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga).
- Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji).
- Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil).
- Sub Kelas: Commelinidae.
- Ordo: Zingiberales.
- Famili: Zingiberaceae (suku jahe-jahean).
- Genus: Curcuma.
- Spesies: Curcuma longa L.

    Dewasa ini, akar kunyit digunakan secara luas untuk membuat obat - obatan dalam mengobati berbagai kondisi kesehatan, karena kunyit dipercaya mengandung  anti inflamasi, antioksidan, dan lainnya. Khasiat Kunyit Bagi kesehatan sangat banyak sekali sehingga begitu disayangkan jika keberadaannya agak sedikit terabaikan. Kunyit digunakan untuk berbagai penyakit misalnya artritis, dispepsia, sakit perut, diare, kehilangan nafsu makan, sakit kuning, gangguan hati dan gangguan pada kantong empedu, sakit kepala, bronkitis, pilek, infeksi pada paru-paru, fibromyalgia, lepra, mengatasi demam, masalah menstruasi, dan kanker, terapi mengatasi depresi, penyakit Alzheimer, retensi air, cacing, dan masalah ginjal. Beberapa kegunaan lain kunyit pada penyakit kulit misal untuk menghilangkan nyeri, kurap, memar, mengobati gigitan lintah, infeksi mata, kondisi kulit inflamasi, nyeri dalam mulut, dan luka yang terinfeksi. Kegunaan kunyit dalam makanan dan manufaktur yaitu untuk minyak atsiri kunyit yang digunakan untuk parfum, dan resin yang digunakan sebagai komponen rasa dan warna makanan.

    Banyak orang mempercayai bahwa kunyit dapat mengatasi berbagai masalah pada perut, namun beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi kunyit melalui mulut dapat membantu meningkatkan sakit perut. Jadi berhati - hatilah menggunakan kuyit, manfaatkan kunyit jangan terlalu berlebihan. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa dengan mengambil beberapa ekstrak kunyit dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoartritis lutut. Dalam satu kasus, khasiat kunyit juga dapat bekerja sebagai ibuprofen yaitu untuk mengurangi rasa sakit.
    Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh para peneliti, kunyit dan kurkumin bisa membantu mengobati penderita sakit perut, kudis, diabetes, uveitis, dan infeksi karena virus. 

Resiko dan Efek Samping Kunyit
    Kunyit pada umumnya aman, namun kadang - kadang dapat menyebabkan mual dan diare, terutama dalam dosis tinggi atau setelah penggunaan dalam skala jangka panjang. Apabila digunakan sebagai pengobatan topikal, resikonya dapat menyebabkan iritasi kulit.

    Wanita hamil sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit, selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen kunyit agar terhindar dari resiko yang tidak diharapkan.
Jika anda mengambil obat-obatan secara teratur, berbicara dengan dokter anda sebelum anda mulai menggunakan suplemen kunyit. Mengingat kurangnya bukti tentang keselamatan anak-anak dan perempuan yang sedang hamil ataupun menyusui, sebaiknya gunakan kunyit sesuai dengan saran dokter.

Itulah dia artikel tentang Khasiat Kunyit Bagi kesehatan, semoga bias bermanfaat buat para pembaca.
Baca juga macam-macam khasiat Dibawah ini :  khasiat daun sirih, khasiat kunyit, khasiat daun salam,
khasiat daun salam, khasiat jeruk nipis

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide