Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Kayu manis sangat banyak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia biasa memakainya untuk memberi sensasi manis ataupun sekadar untuk memberi aroma harum pada minuman atau olahan makanan lokal Indonesia. Ternyata orang-orang pada jaman dahulu juga sering menggunakan kayu manis untuk fungsi kesehatan. Adapun manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh manusia antara lain adalah :



1. Mengontrol Kadar Gula Dalam Darah
Manfaat kayu manis untuk kesehatan yang pertama akan dibahas pada hal ini adalah bisa membantu menjaga ketahanan hormon insulin dalam tubuh. Ada 2 jenis kayu manis yang dapat mengontrol kadar gula dalam darah yang populer. Yang pertama adalah kayu manis Ceylon, karena kayu manis ini mengandung kadar coumarin yang sangat rendah. Satunya lagi adalah kayu manis jenis Cassia, kayu manis ini adalah jenis kayu manis yang paling sering dijumpai di pasaran. Namun kebanyakan dari kita kurang tahu bahwa terlalu banyaknya kadar coumarin dapat menimbulkan penyakit hati.

2. Mencegah Kangker
Beberapa penelitian menemukan bahwa kayu manis dapat memberikan perawatan ataupun pencegahan pada penyakit tumor dan kangker. Studi lain menyatakan bahwa gula dapat menyebabkan timbuknya sel kangker dalam tubuh dan kayu manis dapat mengurangi kadar gula dalam darah itu sendiri.  Kandungan cinnamaldehida dan eugenol pada minyak kayu manis yang mampu melawan sel kangker pada tubuh.

3. Antibakteria dan Antimikroba
Minyak yang dihasilkan dari proses penyulingan daun kayu manis merupakan antibakteri yang tangguh dan dapat dijadikan desinfektan alami. Bakteri maupun mikroba yang bisa dilawan diantaranya adalah Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Aspergillus oryzae, and Penicillium digitatum. 

4. Penetral Bau Ruangan
Selain serbuk kopi yang dapat dijadikan sebagai penetral atau penghilang bau ruangan, kayu manis yang dibuat menjadi serbuk juga dapat dijadikan sebagai penghilang atau penetral bau ruangan yang sering mengganggu kenyamanan bernafas kita. Pengaplikasian dari serbuk kayu manis hampir sama dengan penggunaan serbuk kopi yaitu dengan menaburkannya disekitar sudut ruangan atau di dekat sumber bau.

5. Membantu Mengurangi Berat Badan
Karena kayu manis mempunyai efek memperlancar aliran darah dalam tubuh, sehingga juga membantu proses metabolisme dalam tubuh. Jika sistem metabolisme tubuh kita lancar maka akan membantu mengurangi berat badan. Namun disini yang perlu menjadi perhatian adalah salah satu kandungan pada kayu manis yang dapat meningkatkan risiko timbulnya gangguan penyakit di dalam hati.

6. Sebagai Bahan Dalam Membantu Terapi Pemijatan
Minyak kayu manis dikenal sebagai minyak yang bisa menghangatkan tubuh dengan mengoleskannya pada tubuh dan dilakukan pemijatan pada area tersebut.

7. Anti Jamur
Jika Anda memiliki gangguan jamur pada tubuh maupun pada kaki. Minyak atau serbuka kayu manis dapat dijadikan sebagai obat ampuh anti jamur yang alami.

8. Mengurangi Depresi
Dengan menghirup aroma atau bau dari kayu manis atau menaburkan serbuk kayu manis pada minuman kita, dipercaya dapat meningkatkan mood yang bagus. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat stress dan depresi setelah seharian melakukan aktivitas harian.

Seperti dicantumkan diatas bahwa manfaat kayu manis untuk kesehatan tubuh yang sangat bermanfaat. Namun kandungan zat Camourin yang berlebihan di tubuh akan menimbulkan gangguan atau penyakit yang menyerang organ hati kita. Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini :   Manfaat Kentang, Manfaat Hutan, Manfaat Kacang Panjang, Manfaat Susu Kedelai, Manfaat Kayu Manis

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide