Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
           Selain bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi tahu, tempe, kacang kedelai yang telah diproses melalui perendaman, dihaluskan, dan dan dimasak dengan air mendidih hingga menjadi susu kedelai adalah minuman yang sangat bergizi. Kedelai secara alami memiliki kandungan asam lemak esensial yang tinggi, protein, serat, vitamin dan mineral yang tinggi pula. Nutrisi ini memberikan energi dan menjaga tubuh Anda berfungsi pada tingkat dan kinerja yang optimal. Setelah menjadi susu, banyak juga manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh manusia.



Berikut adalah manfaat kesehatan yang paling penting yang bisa Anda dapatkan dengan meminum susu kedelai.

1. Meningkatkan Profil Lipid
Atribut yang paling penting dari susu kedelai adalah kemampuannya untuk meningkatkan profil lipid dalam darah Anda. Tidak seperti susu sapi murni, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar mengandung lemak tak jenuh dengan nol kolesterol. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda dalam kedelai dapat menghambat pengangkutan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kedelai secara signifikan dapat menurunkan konsentrasi trigliserida dan low density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan tingkat high density lipoprotein (HDL) dalam darah Anda. Efek gabungan ini membuat susu kedelai menjadi minuman yang ideal jika Anda memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung koroner. 

2. Memperkuat Jaringan Pembuluh Darah
Asam omega-3 dan omega-6 asam lemak serta fito-antioksidan yang ada dalam kedelai efektif dapat melindungi pembuluh darah dari luka dan pendarahan. Senyawa ini mengikat pada lapisan pembuluh darah dan mempertahankan sel-sel lapisan Anda dari serangan radikal bebas dan kolesterol. Pengikatan gizi ini juga meningkatkan fluiditas dan fleksibilitas pembuluh darah Anda sehingga mereka jauh lebih tahan terhadap perubahan tekanan darah.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat susu kedelai bagi kesehatan yang berikutnya adalah membantu menurunkan berat badan karena pada susu kedelai secara alami rendah kadar gula dibanding susu biasa. Susu sapi memiliki sekitar 12 gram gula per cangkir dibandingkan dengan susu kedelai yang hanya 7 gram. Inilah sebabnya mengapa secangkir susu kedelai keseluruhan hanya memiliki 80 kalori, yang setara dengan susu skim. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan usus Anda dari lemak, yang merupakan manfaat lain untuk menurunkan berat badan. Minum susu kedelai juga memberikan dosis ekstra serat, menjaga perasaan kenyang untuk waktu yang lebih lama.

4. Mencegah Kanker Prostat
Susu kedelai merupakan sumber yang kaya fito-estrogen, hormon pada tanaman yang unik yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang secara signifikan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Sebuah enelitian telah menunjukkan bahwa pria yang melakukan diet kaya kedelai lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

5. Mencegah Postmenopause Syndromes
Selama menopause, produksi estrogen seorang wanita secara alami estrogen turun ke tingkat minimum. Penurunan secara tiba-tiba estrogen ini menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause. Wanita pasca menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya. Kandungan fito-estrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen yang efektif. Pemberian supan kedelai secara optimal merupakan cara terbaik untuk mencegah dan meringankan sindrom ini pasca menopause.

6. Mencegah Osteoporosis
Osteoporosis juga merupakan salah satu gangguan dan penyakit yang disebabkan oleh faktor usia dan faktor hormon. Kandungan fito-estrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh Anda dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

Demikian manfaat susu kedelai bagi kesehatan, maka tidak ada salahnya bagi kita mulai saat ini mencoba mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi murni. Namun tak lepas dari itu semua, seperti pepatah mengatakan “semua yang bersifat berlebihan itu tidak baik” semua ada dosis dan kadarnya masing-masing orang pun kebutuhannya berbeda-beda. Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini :  Manfaat Terong, Manfaat Kentang, Manfaat Hutan, Manfaat Kacang Panjang, Manfaat Susu Kedelai

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide