kliping Bencana Alam: Banjir, Tsunami, Tanah Longsor dan Gunung Meletus

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Bencana alam memang sering terjdi akhir- akhir ini. Apalagi di negeri kita tercinta ini. Indonesia merupakan negara yang bisa disebut sering terjadi bencana alam. Mulai dari bencana alam banjir, tanah longsor sampai gunung meletus, semuanya pernah terjadi di Indonesia. Wilayah territorial Indonesia yang terletak di antara pertemuan lempeng- lempeng bumi dan wilayah Indonesia yang sebagian besar terdiri dari perairan, membuat Indonesia menjadi negara yang rawan bencana alam. Berikut ini akan diulas sedikit tentang kliping Bencana Alam: banjir, tsunami, tanh longsor dan gunung meletus yang pernah dan sering terjadi di Indonesia.

1. Banjir
 Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia pada musim penghujan. Hampir semua dataran rendah di Indonesia pernah merasakan bencana banjir. Jakarta sebagai ibukota Indonesia merupakan salah satu tempat langganan banjir. Banjir tersebar bahkan hampir di seluruh Jakarta. Jakarta utara, Jakarta timur dan bagian Jakarta yang lain hampir dipastikan terdapat titik banjir. Beberapa tahun yang lalu, Jakarta terkenal dengan sebutan “ banjir 5 tahunan”. Hal ini karena setiap 5 tahun sekali, sebagian wilayah Jakarta merupakan tempat langganan banjir. Namun, belakangan ini, banjir 5 tahunan tersebut seperti sudah tak berarti. Hampir setiap tahun di musim penghujan, banjir melanda Jakarta. Tidak hanya Jakarta saja yang mengalami banjir. Sekarang ini, beberapa wilayah di Indonesia sangat mudah sekali tergenang banjir. Hal ini dikarenakan hujan yang terus turun tanpa jeda, dan semakin berkurangnya daerah resapan air seperti hutan.



2. Tsunami
 kliping Bencana Alam: banjir, tsunami, tanh longsor dan gunung meletus kali ini akan mengulas sedikit tentang bencana tsunami. Semua orang tentu masih ingat akan bencana alam tsunami yang terjadi di Aceh, Indonesia beberapa tahun silam. Mulai dari bencana tersebutlah, nama bencana tsunami mulai akarb di dengar dan mulai dikenal. Tsunami merupakan bencana alam yang sangat dahsyat. Dampaknya bahkan dapat menghancurkan daerah pantai dan sekitarnya. Bencana tsunami ini berupa gelombang besar dan dahsyat yang menyapu daratan.

3. Tanah longsor
 Tanah longsor merupakan bencana alam yang terjadi di musim ujan. Bencana alam yang satu ini, bisa disadingkan dengan bencana alam banjir. Dataran rendah terkena banjir, sedangkan dataran tinggi terkena tanah longsor. Tanah longsor terjadi karena tekstur tanah yang berubah menjadi lebih empuk di musim hujan akibat guyuran air hujan secara terus menerus. Tidak kuatnya tanah tersebut dalam menyangga bangunan di atasnya disertai dengan tingkat kemiringan tanah, membuat tanah akan longsor. Factor yang mampu mempengaruhi tanah longsor yaitu hutan yang semakin gundul. Sehingga tidak ada pohon yang bisa menampung air maupun menyangga tanah.

4. Gunung meletus
 Gunung meletus juga merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Hal ini karena Indonesia mempunyai banyak gunung berapi. Gunung berapi yang sering meletus yaitu gunung merapi. Meletusnya gunung berapi ini biasanya mengeluarkan awan panas, lahar, hujan debu dan material- material lain.

Demikian sedikit ulasan tentang kliping Bencana Alam: banjir, tsunami, tanh longsor dan gunung meletus yang sering terjadi di Indonesia.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide