Manfaat Donor Darah bagi Tubuh

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Donor darah merupakan kegiatan dimana seseorang diambil beberapa lliter darahnya untuk kemudian disumbangkan kepada yang membutuhkan. Untuk seseorang dapat mendonorkan darahnya terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga tidak menularkan penyakit yang berbahaya bagi si penerima darah kita. Menurut penelitian, donor darah dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan seseorang dan baiknya kegiatan donor darah dilakukan secara rutin selama jangka waktu tiga bulan sekali. Banyak sekali manfaat donor darah bagi tubuh manusia dan hal tersebut sangat membantu dalam proses pembaharuan sel-sel baru di dalam tubuh. Sementara syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang untuk dapat mendonorkan darahnya antara lain adalah :


1. Berat badan minimal 45 kg
2. Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
3. Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak lima kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya tiga bulan. Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum donor
4. Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit
5. Temperatur tubuh: 36,6 – 37,5 derajat Celcius
6. Tekanan darah baik yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg
7. Umur 17-60 tahun( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua)
8. Hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram

Biasanya apabila kita ingin mendonorkan darah kita dapat dilakukan di stand-stand yang di buka oleh PMI pada beberapa event-event tertentu, dan apabila kita ingin mendonorkan darah namun belum terdapat stand-stand yang di buka oleh PMI maka kita dapat langsung mendatangi kantor PMI yang terdekat dengan tempat tinggal kita dan melakukannya di sana. Sebelum melakukan donor darah alangkah lebig baik apabila kita memperhatikan syarat-syarat pendonor yang telah di jelaskan di atas sehingga tidak akan membawa dampak yang buruk kelak bagi si penerima darah kita. Dan setelah kita melakukan donor darah, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita yaitu antara lain :

1. Membantu mengurangi kolesterol
Kolesterol yang ada di dalam tubuh manusia terdapat dua macam yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Dengan mendonorkan darah kita itu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh, dan hal tersebut dapat mengurangi adanya kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh manusia sehingga dengan begitu dapat di sebutkan bahwa donor darah mampu membantu untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan
Dengan melakukan donor darah, akan membantu menurunkan berat badan karena dalam hal ini lemak-lemak yang semula menumpuk di beberapa bagian tubuh akan meluruh bersama proses keluarnya darah melalui jarum yang dipasang pada permukaan kulit dan disambung dengan selang yang ditampung melalui kantong darah.

3. Menolong nyawa orang lain
Manfaat donor darah bagi tubuh yang paling dasar atau utama tidak lain adalah untuk menolong nyawa orang lain yang sedang mengalami kekurangan darah dan biasanya hal ini dikarenakan kecelakaan sehingga seseorang kekurangan darah. Untuk dapat menolong orang lain maka tipe atau golongan darah si pendonor haruslah sama dengan yang membutuhkan sehingga mampu diterima oleh tubuh dan juga mampu melakukan proses metabolisme di dalam tubuh.

Demikian merupakan manfaat donor darah bagi tubuh yang sangat membantu bagi si pendonor maupun yang menerima darah dari si pendonor. Baca juga artikel yang bermanfaat Dibawah ini :  Manfaat Mangga, Manfaat Lidah Buaya, Penyakit Menular, manfaat renang, Manfaat Donor Darah

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide