}); Pengertian Puisi Menurut Para Ahli - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
           Pengertian puisi menurut para ahli .  Mengenai puisi pastilah tentu sudah tidak asing lagi jika ada yang mengatakannya. Namun tidak asing tersebut belum tentu tahu juga tentang “ apa sih puisi itu? “ Puisi pada dasarnya adalah suatu pemikiran manusia yang secara konkret serta artistic dalam bahasa berirama. Bagi sang penyair atau pujangga sudah tentulah sangat mengenal puisi. Pada tahap pendekatan suatu hubungan antar pasangan pun puisi dapat menjadi media untuk menakhlukkan hati bagi orang yang kita sukai. Dengan puisi kita dapat menyalurkan pikiran serta perasaan kita melalui bahasa. 



Banyak para ahli yang mendefinisikan mengenai puisi , berikut beberapa pengertian puisi menurut para ahli : Ada pun Samuel Taylor Coleridge yang mengemukakan pendapatnya menegnai puisi bahwa puisi adalah kata-kata yang terindah dalam susunan nya. Seorang penyair akan memilih kata-kata yang setepatnya lalu disusun secara baik seperti seimbang dan simetris antara satu unsur dengan unsur yang lainnya dan dangat erat berhubungan dan sebagainya. Menurut Carlyle mengatakan bahwa puisi adalah pemikiran yang bersifat musikan . Penyair akan menciptakan puisi melalui pemikiran dari bunyi-bunyi yang merdu seperti music dalam puisinya. Kata-kata yang disusun begitu rupa sehingga yang akan menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti music yaitu dengan menggunakan orchestra bunyi. Ada juga menurut wordworth yang memiliki gagasan mengenai puisi bahwa puisi adalah pengungkapan perasaan yang imajinatif . yaitu perasaan yang di rekakan atau diangankan. Sedangkan Shelley mengemukakan bahwa puisi adalah rekaman detik-detik yang paling indah dalam hidup . Seperti suatu peristiwa yang sangat mengesankan dan menimbulkan keharuan yang sangat kuat seperti kegembiraan yang memuncak, percintaan , bahkan kesedian yang mendalam karena ditinggal pergi selama-lama nya oleh orang yang sangat di cintainya. Semuanya merupakan detik-detik yang paling indah untuk direkam dan diingat. Menurut William Wordswoth menjelaskan bahwa puisi adalah peluapan yang spontan dari perasaan – perasaan dengan penuh daya hingga memperoleh emosi atau rasa yang di kumpulkan kembali dalam kedamaian. Lalu Putu Arya Tirtawirya pun berpendapat bahwa puisi adalah uangkapan secara implicit dan samar dengan makna yang tersirat yang dimana kata-katanya condong pada makna konotatif. Sedangkan menurut prado puisi adalah ativitas yang bersifat  sugestif dan asosiatif untuk mencurahkan jiwa yang padat  Sedangkan menurut Samad Said puisi hakikatnya adalah satu pernyataan perasaan dan pandangan hidup oleh seorang penyair yang memandangan suatu peristiwa alam dengan ketajaman perasaannya. Perasaan yang tajam inilah yang menggetarkan rasa hatinya hingga menimbulkan semacam gerak dalam rasanya. Sehingga ketajaman tanggapan tersebut akan berpadu dengan sikap hidup nya yang mengalir melalui bahasa. Hingga menjadi puisi. Lalu menurut Edgar Allan Poe puisi adalah ciptaan mengenai sesuatu keindahan dalam bentuk yang berirama . Citara merupakan usur utama.Ada juga menurut Edwin Arlington Rabinson yang berpendapat bahwa puisi adalah bahasa yang menyampaikan sesuatu yang sukar hendak dinyatakan , ada puisi yang memiliki arti yang sama dan benar , ada juga sebaliknya.  Dan yang terakhir adalah Ralph Waldo Emerson yang menjabarkan bahwa puisi untuk mengajarkan sebanyak mungkin dengan mengandung kata yang sedikit mungkin.

Demikian pengertian puisi menurut para ahli . Pengertian puisi sendiri sebenarnya masih banyak lagi karena para ahli pun banyak juga yang memberikan pendapat mereka mengenai puisi. Namun hingga saat ini pengertian puisi belum juga ada yang baku. Jika di simpulkan , maka puisi adalah seni tulis dimana bahasa di gunakan untuk estetikanya atau keindahan yang di pergunakan sebagai tambahan.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide