Pengertian Politik Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
        Pengertian politik menurut para ahli. Politik umumnya berhubungan dengan kekuasaan , lalu pengambilan suatu keputusan , kebijakan public serta alokasi atau distribusi . Pemikiran tentang politik yang ada di dunia bagian barat , banyak terpengaruh oleh filsuf dari Yunan kono seperti Plato dan Aristoteles. Mereka beranggapan bahwa politik adalah suatu usaha untuk mencapai suatu masyarakat yang baik bahkan terbaik. Usaha ini menyangkutkan bermacam-macam kegiatan yang diantaranya adalah proses penentuan tujuan dari sistem dan cara-cara untuk melasanakan tujuan tertentu dan lain-lain. Politik sendiri sangat berhubungan dengan ilmu yang lain-lainnya seperti ilmu sejarah dan filsafat. Dengan adanya ilmu – ilmu yang lain dan saling berhubungan , maka dapat membuat suatu acuan dari masa lalu atau dari pendapat-pendapat oleh para ahli untuk menangani masalah atau memberikan jawaban mengenai suatu masalah secara rasional.



Berikut ini adalah pengertian politik menurut para ahli seperti Miriam Budiarjo politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan . Sesuai dengan apa yang ada di bukunya yaitu “ Dasar-dasar ilmu Poltik “. Lallu ada juga politik yang merupakan bermacam-macam kegiatan dari suatu sistem politik yang menyangkut proses yang menentukan tujuan –tujuan dari sistem Indonesia dan melakasanakan tujuan-tujuan itu menurut Mirian Budiarjo. Lalu menurut Buntschli , Garner dan Frank Goodnow mengatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan. Sedangkan Seely dan Stepen Leacock berkata bahwa politik merupakan ilmu yang memperlajari kehidupan suatu Negara yag merupakan bagian dari kehidupan yang ada di masyarakat tersebut.lalu J. Barents berkata bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan Negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Lalu ada Ossip K. Fletchteim yang mengatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang khusus mempelajari sifat serta tujuan daari suatu Negara.  Rod Hague berpendapat bahwa politik adalah kegiatan yang menyangkutkan  cara bagaimana kelompk – kelompok mencapai suatu keputusan yang bersifat kolektif serta mengikat dan mendahului usaha mendamaikan perbedaan-perbedaan antar anggota.  Ada juga menurut Andrew Hey wood yang beranggapan politik merupakan suatu kegiatan suatu bangsa yang memiliki tujuan untuk membuat , mempertahan kan , mengaman kan peraturan-peraturan umum yang akan mengatur kehidupannya yang berarti tidak dapat lepas dari gejala konflik dan kerja sama . Teori Aristoteles adalah teori klasik atau  teori  yang menyatakan bahwa ilmu politik adaah usaha warga Negara yang mewujudkan kebaikan bersama . Menurutr F. Isjwara pada tahun 1955 politik adalah sautu perjuangan untuk memeproleh kekuadasaan atau sebagai tekhnik menjalankan kekuasaan. 

Demikai pengertian politik menurut para ahli dan masih banyak lagi para ahli yang ainnya bependapat dengan para ahli lain dan mengenai politik juga. Dari hal ini politik memberikan beberapa isyarakat pentingnya pendidikan politik bangsa. Melalui politik di harapkan akan lahir warga yang demokratis dan sadar serta tahu mengenai politik bangsa. Dari politik pendidikan di harapkan akan lahir warfga Negara yang mengerti hukum , arti kemanusiaan secara berada serta memiliki tujuan dan inti pendidikan politik atau sadar politik . Pada sila ke 4 pada pancasila seharus nya masyarakat dapat mengerti dan sadar akan politik. 
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide