Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian pancasila menurut para ahli. Jika mendengar kata pancasila pastinya kita tidak akan asing lagi bukan? Namun menurut beberapa survey yang di lakukan oleh beberapa acara yang diadakan oleh stasiun televisi swasta membuktikan bahwa dewasa ini banyak juga yang telah melupakan arti dari pancasila. Pancasila? Apa sih arti pancasila? Pancasila merupakan suatu dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara. Pancasila sesuai yang tercantum pada pembukaan UUD 1945 merupakan dasar Negara . Maka seluruh kehidupan bernegara dan bermasyarakat harus dilandasi oleh pancasila. Pancasila dalam kedudukannya sebagai dasar Negara sering disebut sebagai filsafat atau dasar Negara ( philosofische Gronslag) dari negara, ideology Negara atau ( staatsidee ). Pancasila memang tidaklah sama dengan ideologi yang ada di dunia ini , seperti Marxisme. Namun , pancasila bukan berarti pula sama dengan Sukarnoisme. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia dan dasar Negara yang mengalami proses perumusan yang sangat panjang sebelum menjadi dasar Negara kita. Sebagai dasar Negara , pancasila merupakan suatu asas kerohanian yang meliputi suasana kebatinan atau cita-cita hukum sehingga merupakan suatu sumber nilai , norma serta kaidah , baik moral maupun hukum Negara, dan menguasai hukum dasar baik yang tertulis atau undang-undang dasar maupun yang tidak tertulis. Dijelaskan bahwa Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum Indonesia yang ada. Yang pada hakikatnya adalah merupakan suatu pandangan hidup.



Lalu bagaimana pengertian pancasila menurut para ahli ? Menurut beberapa ahli menerut tokoh pencetusnya adalah sebagai berikut : Menurut Muhammad Yamin Pancasila berasal dari kata Panca yang berarti lima dan sila yang berarti sendi , atas dasar atau peraturan tingkah laku yang penting dan baik. Dengan demikin Pancasila merupakan lima dasar yag berisi pedoman atau aturan tentang tingkah laku yang penting dan yang baik. Lalu menurut Ir. Soekarno Pancasila adalah isi dari jiwa bangsa Indoensia yang turun-temurun sekian abad lamanya terpendam bisu oleh budaya barat. Dengan demikian, pancasila tidak saja falsafah Negara . tetapi lebih luas lagi yakni falsafah bangsa Indonesia. Namun menurut Notonegoro Pancasila adalah dasar falsafah negera Indonesia yang berdasarkan pengertian ini dapat disimpulkan bahwa pancasila pada hakikatnya merupakan dasar falsafah dan ideology Negara yang di harapkan menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai dasar pemersatu , lambang persatuan dan kesatuan serta sebagai pertahanan bangsa dan Negara Indonesia.

Dari pengertian pancasila menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa Ideologi pancasila merupakan ideologi yang berbeda dari ideologi yang lainnya. Ideologi Pancasila dapat mengikuti perkembangan yang terjadi pada Negara lain yang memiliki ideologi yang berbeda dengan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan dan bermasyarakat. Karena Pancasila berasal dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa , dengan demikian pancasila pada hakikatnya berlaku untuk seluruh lapisan serta unsur-unsur bangsa secara keseluruhan. Oelh karena itu, ciri khas Pancasila memiliki kesesuaian dengan Bangsa Indonesia. Pancasila pada hakikatnya adalah sistem nilai ( value system) yang merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur kebudayaan bangsa Indonesai sepanjang sejarah yang telah berakar dari unsur-unsur kebudayaan luar yang sesuai sehingga secara keseluruhan terpadu menjadi kebudayaan bangsa Indonesia.




semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide