}); Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Komunikasi atau berkomunikasi pasti sering kita lakukan. Berkomunikasi merupakan bagian dari interaksi. Lalu apa pengertian dari komunikasi itu? Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang dengan orang lain atau beberapa orang , kelompok , organisasi , dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi sebagai penghubung untuk menyampaikan informasi atau menerima informasi. Komunikasi juga di lakukan untuk terhubung dengan orang lain. Pada umumnya komunikasi di lakukan secara lisan ataupun verbal yang dapat di mengerti oleh kedua belah pihak. Namun komunikasi juga dapat di lakukan secara non verbal apabila bahasa verbal tidak dapat di mengerti oleh keduanya dan kedua belah pihak dapat menggunakan bahsa tubuh atau gerak-gerik badan yang menunjukkan sikap tertentu yang menggantikan berkomunikasi secara verbal. Manusia umumnya berkomunikasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Berkomunikasi juga banyak bentuknya seperti bahasa sinyal , berbicara , melalui tulisan , gerakan , dan penyiaran. Dengan adanya komunikasi , maka perasaan dan sikap seseorang dapat di ketahui aatu di pahami oleh orang lain. Pada intinya komunikasi adalah interaksi yang di lakukan oleh beberapa individu atau dua individu untuk menyampaikan pesan , bertukar informasi atau dengan tujuan yang lain-lainnya. Lalu bagaimana pengertian komunikasi menurut para ahli ?



Pengertian Komunikasi menurut para ahli adalah sebagai berikut : Everett M.Rogers mengemukakan pendapatnya yaitu komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide yang dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. Lalu ada pendapat lain dari Rogers dan O . Lawrence Koncaid yang mengatakan bahwa komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk dan melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain hingga pada gilirannya tiba pada saling pengertian yang mendalam. Kamudian ada pendapat dari Theodore M.Newcomb yaitu setiap tindakan komunikasi akan di pandang sebagai suatu transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dari sumber kepada penerima. Menurut Shannon dan Weaver komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh dan mempengaruhi satu sama lainnya dengan segaja atau tidak sengaja . Komunikasi itu tidak terbatas pada bentuk komunikasi yang menggunakan bahasa verbal , tetapi juga dala hal ekspresi muka , lukisan, seni , dan teknologi. Harorl D.Lasswell berpendapat bahwa komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa , kepada siapa? Dengan akibat apa atau hasil apa. Raymond S.Ross pun juga berpendapat mengenai komunikasi yang meru[akan suatu proses menyortir , memilih , dan mengirim kan simbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respons dari pikirannya yang serupa dengan yang di maksudkan komunikator. Menurut Prof . Dr. Alo Liliweri mengatakan bahwa komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.John R. Wenburg dan willian W Wilmot berpendapat bahwa komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna. Dan yang terakhir adalah menurut Bernard Berelson dan Gary A.Steiner yang mengatakan bahwa komunikasi merupakan transmisi informasi , gagasan , emosi, keterampilan , dan sebagainya dengan menggunakan simbol – simbol , kata-kata, gambar , figur, grafik, dan sebagainya.

Dari pengertian komunikasi menurut para ahli dapat ditarik kesimpulan yaitu komunikais memiliki beberapa unsur yang ada untuk membangun komunikasi seperti : Sumber yaitu sebagai pembuat informasi atau pengirim informasi, Penerima yaitu pihak yang menjadi tujuan untuk dikirimi atau mendapatkan pesan dari sumber, lalu Pesan yang berarti informasi , Media adalah alat yang digunakan dalam berkomunikasi , kemudiann efek yang merupakan pengaruh dari informasi tersebut , dan umpan balik yaitu bentuk dari tanggapan balik si penerima yang menerima pesan tersebut.

  

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide