}); Pengertian Narkoba Dan Dampaknya - Di Lihat Yaaa.....

Pengertian Narkoba Dan Dampaknya

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian narkoba dan dampaknya. Narkoba sepertinya bukan lah hal yang asing lagi jika kita mendengarnya. Banyak berita pada media cetak maupun media maya yang menjelaskan berapa jumlah orang yang menggunakan narkoba hingga berapa juga orang yang meninggal setiap tahunnya karena narkoba. Mendengar kata narkoba mungkin sudah seperti hal yang biasa saja. Banyak artis ibu kota pun yang juga menggunakan narkoba. Tidak hanya artis ibu kota saja , namun narkoba telah beredar di mana saja hingga ke sekolah-sekolah. Lalu apa sih narkoba itu? Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat-obatan yang berbahaya. Selain narkoba ada istilah lain yang tentunya juga kita tidak asing lagi , yaitu napza yang merupakan singkatan dari Narkotika , Psikotoprika , dan Zat Adiktif. Sadar atau pun tidak sadar narkoba pasti ada di sekitar kita. Di Indonesia ini narkoba telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Efek kenikmatan sementara yang di berikan oleh narkoba membuat setiap orang yang mencobanya ingin merasakan terus dan terus. Narkoba akan bermanfaat jika dalam dunia kedokteran. Namun seiring dengan waktu yang berjalan , narkoba menjadi di salah artikan dan digunakan dengan dosis yang berlebihan hingga menimbulkan efek samping yang fatal.



Pernah kah kita memikirkan pengertian narkoba dan dampaknya ? Narkoba yang di konsumsi secara terus menerus akan menimbulkan efek kecanduan hingga munculnya resiko kematian. Pemakaian narkoba juga dapat merusak organ tubuh serta menimbulkan rasa sakit akibat langsung dari adanya narkoba dalam darah. Ada pun dampak penyalahgunaan narkoba terhadap fisik sebagai berikut : mukanya pucar , berat badan pada orang yang mengonsumsi narkoba akan turun secara drastis, buang air besar dan kecil pun akan kurang lancar, tangannya di penuhi bintik-bintik merah, bibirnya menjadi kehitam-hitaman , lalu ada gangguan pada jantung dan pembuluh darah ( kardiovaskuler) seperti infeksi akut otot jantung atau gangguan peredaran darah, gangguan pada kulit seperti alergi dan eksim, lalu akan sering sakit kepala , mual-mual dan muntah serta suhu tubuh meningkat. Dampak penyalahgunaan narkoba terhadap kesehatan reproduksi seperti penurunan hormone reproduksi serta gangguan fungsi seksual. Bagi pengguna narkoba yang menggunaka jarum suntuk khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian resikonya adalah tertular penyakit hepatitis B , C , dan HIV yang hingga kini belum di temukan obatnya. Penyalahgunaan narkoba yang fatal dapat berakibat terjadinya over dosis yaitu dengan mengkonsumsi melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis dapat menyebabkan kematian. Narkoba juga berdampak pada psikis seperti lamban dalam bekerja , ceroboh , sering tegang dan gelisah , lalu jika di tegur  atau di marahi pemakai akan membangkang , kehilangan nafsu makan , akan sangat sensitive dan mudah bosan , lalu akan hilang kepercayaan diri , menjadi apatis , pengkhayal dan penuh curiga. Ada juga dampak penyalahgunaan narkoba terhadap lingkungan sosial yaitu seperti gangguan mental , anti-sosial dan asusila , akan di kucilkan oleh lingkungan , lalu merepotkan dan menjadi beban keluarga dan pendidikan akan menjadi terganggu serta masa depan suram.

Nah jika kita telah tahu pengertian narkoba dan dampaknya , maka seharusnya kita dapat ikut serta untuk menanggulangi penyalahgunaan dari narkoba meskipun kita tidak memakai narkoba. Karena kini narkoba telah merajalela dan dapat kita temui di mana saja. Dengan mengetahui hal ini bukan berarti kita harus takut dengan narkoba hingga membuat sikap anti narkoba. Narkoba bukanlah hal yang harus di takuti atau hindari karena yang harus kita hindari adalah penyalahgunaannya bukanlah narkoba.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide