Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian akuntansi menurut para ahli . Pernah kah kita mendengar mengenai akuntansi ? jasa akuntansi mungkin? Lalu apa defisini pengertian dari akuntansi? Merebaknya dunia usaha dan bisnis menjadi topik hangat dan penting untuk di bahas. Namun jika kita membahas akuntansi tidak dapat langsung kepada ilmu yang terkadung di dalam nya. Akuntansi dapat diartikan merupakan pengukuran , penjabaran , atau pemberian kepastian mengenai informasi yanga akan membantu manager , investor , otoritas pajak dan pembuatan keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di perusahaan , organisasi , dan lembaga pemerintah. Jika di definisikan akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fungsinya menyediakan informasi kuantitatif , yang terutama dalam pengambilan keputusan dalam bidang ekonomi yang menetap kan pilihan yang logis diantara beberapa tindakan alternatif. Ada juga yang mengaatkan bahwa akuntansi adalah seni mengukur dan berbicara atau berkomunikasi untuk menyiapkan  laporan  keuangan yang akurat hingga dapat di manfaat bagi manager , pengambil kebijakan dan para pihak yang berkepentingan lainnya.



Lalu bagaimana pengertian akuntansi menurut para ahli? Para ahli mengungkapakan beberapa pendapatnya seperti berikut : Pengertian akuntansi menurut American Institute Of Ceritified Public Accounting ( AICPA ) adalah akuntansi sebagai seni pencatatan , penggolongan , dan pengikhtsaran yang di lakukan dengan cara tertentu dalam ukuran moneter , transaksi , dan kejadian- kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. Lalu pengertian akuntansi menurut Warren dkk adalah secara umum akuntansi dapat didefiisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi serta kondisi perusahaan. Lalu pengertian akuntansi menurut Charles T . Horngren dan Walter T. Harrison adalah akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis , memproses data menjadi laporan dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan. Sedangkan pengerian akuntansi menurut American Accounting Association dapat di definisikan bahwa akuntansi adalah sebagai proses mengidentifikasikan , mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Lalu pengerian akuntansi menurut Soermarso S.R adalah suatu disiplin yang menyediakan informasi penting sehingga memungkinkan adanya pelaksanaan dan penilaian jalannya perusahaan secara efisien. Sedangkan pengertian akuntansi yang lain menurut Rudianto , akuntansi merupakan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha. Dan yang terakhir adalah pengertian akuntansi menurut Littleton yang menjelaskan bahwa tujuan utama dari akuntansi adalah untuk melaksanakan perhitungan periodic antara biaya ( usaha ) dan hasil ( prestasi ) . Konsep ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang di jadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi. 

Dari pengertian akuntansi manurut para ahli dapat di simpulkan bahwa akuntansi merupakan pengalaman tertulis yang berguna untuk megambil keputusan yang terjadi dalam kehidupan kita dan berguna untuk mengambil keputusan suatu perusahan jika akuntansi tersebut di gunakan dalam sebuah perusahaan . Akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan harian dapat di kait kan juga dengan pembukuan karena saling berhubungan.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide