Pengertian Makalah Menurut Para Ahli

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Dalam karya tulis ilmiah, makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang sering dijadikan tugas oleh para guru atau dosen kepada anak didiknya. Makalah merupakan karya tulis yang dapat dikerjakan oleh individu atau kelompok. Bagi para pembaca yang baru ingin mengenal makalah pasti akan mencari tahu pengertian makalah itu sendiri sebelum mempelajari cara penyusunan makalah itu sendiri. Para ahli kebahasaan memiliki pandangan dan pendapat sendiri mengenai pengertian makalah. Pengertian makalah menurut para ahli berbeda beda dalam tata bahasanya tetapi memiliki makna yang sama. beberapa ahli memberikan pendapat mereka mengenai pengertian makalah. Untuk lebih jelas lagi saya akan menjabarkan beberapa pengertian makalah menurut para ahli kebahasaan.



Pengertian makalah menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah dibagi menjadi dua pengertian, yaitu

- makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok suatu pokok yang dimaksud akan untuk dibacakan dimuka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan.

- makalah adalah karya tulis pelajaran atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Beberapa ahli lain seperti

Menurut Panuti Sudjiman
- makalah adalah karangan prosa, bukan cerita rekaan, yang membicarakan pokok tertentu. Biasanya makalah dimuat di majalah atau koran, tetapi makalah dapat juga merupakan sebuah buku antologi.
Pengertian makalah menurut para ahli selanjutnya dating dari  Drs. Imam Asy’ri,
- makalah adalah naskah semester. Biasanya paper dituntut oleh seorang dosen atas mata kuliahnya apabila semester akan berlangsung atau kuliah akan berakhir. Karangan tidak begitu panjang mungkin 10 – 15 halaman ukuran folio.

Menurut W.J.S Poerwadarminta,
- makalah adalah Uraian tertulis yang membahas suatu masalah tertentu dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut.


Menurut Tanjung dan Ardial
- makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Menurut Surakhmad,
- makalah adalah segala jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku maupun sebagai hasil karangan tentang sesuatu pokok persoalan.

Menurut E. Zaenal Arifin,
- makalah adalah Karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris – objektif.

Menurut A.E. Fachrudin,
- Jenis tugas kuliah yang harus diselesaikan secara tertulis, baik sebagai hasil pembahasan buku (book report) maupun sebagai hasil karangan tentang suatu pokok persoalan.

Makalah merupakan tugas mandiri yang dapat dikerjakan secara individual ataupun kelompok. Makalah adalah salah satu jenis karya tulis ilmiah yang membantu pemakalah meningkatkan kemampuan menulisnya dan sebagai latihan dalam emnulis skripsi namaun skala kecil. Dari semua pengertian makalah  para ahli dapat disimpulkan bahwa makalah merupakan salah satu jenis karya tulis ilmiah yang berisi materi yang menjelaskan suatu tema bertujuan untuk memberikan informasi kepada semua orang.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide