Pengertian Jaringan Komputer Dan Manfaatnya

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pengertian Jaringan komputer dan manfaatnya. Di zaman era globalisasi ini pasti kita tidak asing lagi dengan “ Jaringan komputer “ . Pelajaran mengenai jaringan komputer telah masuk dalam materi pembelajaran yang biasa di masukkan pada pelajaran TIK ( Teknik Informasi Komputer ) atau KKPI ( keterampilan Komputer Pengelolaan Infomasi ). Nah jika dalam jurusan multimedia, materi menegnai jaringan komputer akan di masukkan dalam pelajaran jaringan dasar. Jadi apa yang di maksud dengan jaringan komputer? Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protocol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras yaitu seperti printer , harddisk , scan , dan lain sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri lebih dari satu komputer yang saling berhubungan. Dalam jaringan komputer juga terdapat client dan server. Pada sebuah jaringan umumnya memiliki satu server dengan beberapa client. Namun pada setiap jaringan juga dapat di tentukan mengenai penggunaan server dan clientnya. Jaringan komputer juga dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang didesain sedemikian rupa yang sesuai dengan tujuan utamanya yakni untuk dapat berbagi sumber daya  , berkomunikasi ( pesan instan, surat elektronik ), dan dapat mengakses informasi ( situs web ).



Lalu bagaimana dengan manfaat dengan dibangun atau dibuatnya jaringan komputer? Apa jaringan komputer hanya sebatas sebagai pertukaran data saja? Tidak. Jadi sesuai dengan judulnya yaitu pengertian jaringan komputer dan manfaatnya, maka jaringan komputer pun memiliki manfaat. Dalam jaringan komputer memiliki beberapa manfaat sebagai berikut : Yang pertama adalah Sharing resource – sharing resource bertujuan agar seluruh program , peralatan atau peripheral lainnya dapat di manfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai. Yang kedua adalah Media komunikasi – Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya. Yang ketiga adalah Integrasi data – dengan adanya jaringan komputer maka dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat atau yang biasa di sebut dengan server. Karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja , melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab itu maka dapat terbentuknya data yang terintegrasi hingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi. Yang ke empat adalah Pengembangan dan Pemeliharaan – dengan adanya jaringan komputer pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya. Seperti pembelian printer yang cukup hanya satu saja dan tidak sesuai dengan jumlah komputer yang ada jadi dapat digunakan secara bersama-sama. Yang kelima adalah keamanan data – Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hal akses kepada para pemakai . Namun juga tergantung pada jaringan yang digunakan. Jika penggunaan jaringan tersebut menggunakan topologi star , maka keamanan data tidak di ragukan dan pada jaringan ini pun lebih mudah untuk di gunakan.

Dengan demikian pengeetian jaringan komputer dan manfaatnya dapat disimpulkan bahwa jaringan komputer adalah media jaringan komputer yang dapat melalui kabel atau pun tanpa kabel yang biasa di sebut dengan nikabel atau dalam mengaksesnya menggunakan WIFI.



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide