Ini Dia Contoh Makalah Tentang Banjir

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah tentang banjir. Banjir adalah fenomena dimana aliran air melebihi batas daratan dan merendam daratan tersebut.  Bencana alam yang terjadi di seluruh bagian dunia dapat disebabkan oleh dua factor yaitu factor alam itu sendiri dan factor human error atau kesalahan manusia. Salah satu contoh bencana alam yang sering terjadi di Indonesia adalah banjir. Letak geografis Indonesia di donimasi oleh sungai dan laut shingga tidak heran Indonesia disebut Negara maritime karena perairannya yang luas. Penyebab terjadinya banjir di Indonesia hingga merambah ibu kota kita di sebabkan oleh human error yang menyebabkan alam tidak terjaga. Tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah untuk membahas msalah banjir yang telah menjadi fenomena tahunan untuk Indonesia. Maka dari itu, penulis telah pengamatai dan membaca beberapa buku sebagai referensi dalam membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu dan membarikan saran beserta masukan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan atas bantuan dan dukungan yang diberikan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasn makalah tentang banjir dapat ditarik kesimpulan bahwa bencana banjir di pengaruhi oleh dua factor yaitu, factor alam yang meliputi factor cuaca yang berubah-ubah terutama ketika curah hujan yang tinggi namun, daerah tersebut tidak memiliki tempat resapan air atau minimnya tempat resapan air dikarekan pembangunan yang melebihi batas. Kemudian faktor letak geogerafis suatu daerah, seperti contoh daerah yang berada di pesisir pantai memiliki kemungkinan besar terkena banjir karena sumber gelombang air berasal dari tampungan air yang besar seperti pantai sungai dan laut, kemudian factor yang kedua akibat human error atau kesalahan manusia yang menyebabkan banjir yaitu membuang sampah sembarangan. Kebiasaan masyarakat membuang sampah ditempat penampungan air seperti selokan, got dan waduk menyebabkan aliran air yang tidak lancar diakibatkan sampah-sampah yang menyubat aliran air tersebut. Ketika hujan turun, maka air tersebut tidak bisa mengalir ketempat aliran air yang elbih besar seperti sungai akibatnya air tersebut meluap dan merendam daerah tersebut. Kemudian penembangan pohon secara sembarangan yang menyebabkan erosi. Setelah itu pembangunan rumah dan gedung yang menghabiskan lahan resapan air dan menebang pohon menyebabkan tempat resapan air berkurang. Pemerintah dan mayarakat harus bekerja sama dalam mengatasi hal ini. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam membangun lahan resapan air dan membuat program penghijauan di kota sangat penting dan harus didukung dengan partisipasi rakyat untuk melestarikan menjaga alam. 

Demikian makalah tentang banjir yang telah dibahas diatas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.
semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide