Ini Dia Contoh Makalah Wawasan Nusantara

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesemapatan kali ini, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah wawasan nusantara. Indonesia adalah Negara yang bersemboyan bhineka tunggal ika yang artinya meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu. Indonesia terdiri 34 provinsi yang memiliki suku, agama, budaya dan bahasanya sendiri-sendiri. Didalam 34 provinsi maka akan dipecah lagi menjadi kota, bias dibanyangkan berapa banyak kota yang ada di Indonesia dengan berbagai macam suku didalamnya. Suku tersebut pasti memiliki keunikan dan cirri khasnya masing-masing. Cirri khas tersebut menjadi identitas suku tersebut dan sekaligus menjadi kekayaan bagi Indonesia. Sebagai warga Negara yang berbudaya, tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis keunikan yang dimiliki setiap suku. Pengetahuan mengenai kebudayaan Indonesia sering disebut wawasan nusantara. Wawasan nusantara dapat meiliputi seni yang terdapat di Indonesia, makanan ciri khas kota, peralatan atau alat yang menjadi symbol didalam suku, tradisi atau adapt yang dilakukan oleh suku tertentu merupakan wawasan nusantara. Tujuan penulis mmebuat makalah ini adalah untuk membatu para pembaca untuk lebih mengenal bangsa kita. Maka dari itu, penulis telah pengamatai dan membaca beberapa buku sebagai referensi dalam membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu dan membarikan saran beserta masukan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan atas bantuan dan dukungan yang diberikan sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua   




Dari pembahasan makalah wawasan nusantara dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagai bukti rasa cinta kita terhadap indoensia kita harus melestarikan kebudayaan Negara kita. Melalui wawasan nusantara yang kita miliki akan membantu kita ata menginspirasi kita dalam berkarya atau pun hidup berkebangsaan dengan sopan dan santun. Semua keunikan kebudayaan, tradisi, seni dan segala hal yang dimiliki setipa suku merupakan kekayaan yang tidak bisa dibeli dengan materi karena semua itu, terbentuk dalam waktu yang lama dan merupakan identitas suku tersebut. Seperti contoh rumah adapt yang dimiliki setiap suku dari suku jawa, manado, batak, bugis dan lain-lain serta tari-tarian yang menampilkan keindahan dan keelokan dalam pertunjukan seperti tari tanggai, tari kecak, tari saman patut kita lestarikan dan promosikan sebagai kekayaan bangsa. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga akan semua keunikan yang kita miliki. Cara yang tepat dalam menghargai semua itu, dengan cara nelestarikan kebudayaan tersebut tidak peduli kita berasal dari suku yang mana. Kita harus saling mendukung dan mengembangkan kekuatan kita. Wawasan nusantara yang kita miliki menjadi modal utama dalam membela Negara Indonesia dalam berkompetisi unjuk bakat dan talenta serta kekayaan alam yang kita miliki. Indonesia merupakan Negara yang kaya numun, pemanfaatan yang tidak optimal membuat Indonesia menjadi Negara yang tidak berkembang. Jadikan pengetahuan akan kebudayaan, adat istiadat, seni dan keunikan lainnya menginspirasi anda dalam membuat karya yang menonjolakan keunikan Indonesia. 

Demikian makalah wawasan nusantara yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua dan terutama dapat menginspirasi para generasi muda untuk lebih percaya diri lagi didalam berkarya dan mengenbagkan bakatnya. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide