Ini Dia Contoh Makalah Sosiologi Hukum

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membuat makalah yang berjudul makalah sosiologi hukum. Sikap dan tingkah laku manusia tidak hanya pada kehidupan bersosialisasi di lingkungan sekolah dan keluarga. Pada keadaan hukum terdapat sosiologi hukum yang merupakan ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hukum dengan gejala-gejala sosial lainnya secara empiris analitis. Memahami tindak tandunk manusia dalam menghadapi hukum yang berlaku di Negara. Hukum di suatau Negara di bentuk dan dibuat untuk mengatur ketertiban didalam kehidupan bermasyarakat agar orang-orang tidak bertindak melebihi batas sebagai manusia. Hukum tersebut berlaku terhadap manusia yang telah melanggar norma dan nilai kehidupan yang berlaku. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk memahami sikap dan prilaku manusia didalam sosiologi hukum. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dari pembahasan makalah sosiologi hukum dapat disimpulkan bahwa perkembangan sikap dan tingak laku disebabkan perkembangan zaman yang semakin mempermudah masyarakat mengapresiasikan perasaannya, jika tindakan yang mereka lakukan tidak dapat terkendali dan melebihi batas maka, akan ada kerugian terhadap orang tersebut dan orang lain. Sosiologi hukum membantu mengamati dan memahami sikap dan tindakan orang yang berhadapan dengan hukum. Permasalahan social yang terjadi di masyarakat semakin meluas dan tak terkendali meskipun tindakan hukum telah berbicara. Pemikiran orang  zaman sekarang yang telah sangat berani melakukan tindakan yang menurutnya benar tanpa mempertimbangkan akibat untuk dirinya dan orang lain membuat krisis moril yang terjadi di masyarakat. Peranan hukum sangatlah penting untuk mengatur ketertiban masyarakat dalam sikap, tindakan, prilaku dan perkataan. Sosiologi mempelajari perilaku dan interaksi kelompok, menelusuri asal-usul pertumbuhannya serta menganalisis pengaruh kegiatan kelompok terhadap anggotannya. Hukum sebagai sarana perubahan sosial yang dalam hubungannya dengan sektor hukum merupakan salah satu kajian penting dari disiplin sosiologi hukum. Hubungan antara perubahan sosial dan sektor hukum tersebut merupakan hubungan interaksi, dalam arti terdapat pengaruh perubahan sosial terhadap sektor hukum sementara dipihak lain perubahan hukum juga berpengaruh terhadap suatu perubahan social. Semakin perkembangnya perubahan social dimasyarakat maka, makin beragam pula hukum yang berlaku di masyarakat.

Demikian makalah sosiologi hukum yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu. 


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide