Ini Dia Contoh Makalah Sistem Operasi

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
            Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah sistem operasi. Computer adalah barang elektronik yang membutuhkan manusia sebagai orang yang mengoprasikan program yang terdapat pada computer. Maka dari itu, manusia disebut pengguna. System operasi adalah seperangkat program yang mengelola sunber daya perangkat keras atau hardware dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak dalam sistem computer. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan lebih dalam mengenai system operasi computer yang menjadi bagian dalam perangkat lunak. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya ucapkan terima kasih pula kepada keluarga, teman dan rekan yang telah membantu dan mendukung saya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.



  
            Dari pembahasan makalah system operasi yang telah dibahas dapat ditarik kesimpulan bahwa perangkat lunak system yang bertugas untuk melakukan control dan manajemen perangkat keras serta operasi operasi dasar system, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengelolaan kata dan web browser. System operasi memiliki beberapa jenis yang terdiri dari mekasinme boot, yaitu meletakan karnel kedalam memori karnel, karnel dapat dikatakan sebagai inti dari system operasi. Kemudian commend interpreter atau shell merupakan system operasi yang bertugas membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standard an fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/ program maupun piranti lunak lainnya. Selanjutnya adalah resource allocator yaitu system operasi yang bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat. Dan kemudian adalah handler. Handler adalah system operasi yang berperan dalam mengendalikan system perangkat agar terhindar dari kekeliruan atau error dan  penggunaan sumber daya yang tidak perlu. Dan system operasi yang terakhir adalah driver yang berfungsi untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware. System operasi ditemukan hampir di semua perangkat computer dari ponsel dan konsol permainan video untuk supercomputer dan server web. 

            Demikian makalah system operasi yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini dikarekan keterbatasan waktu.



semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide