Ini Dia Contoh Makalah Seni Rupa

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah seni rupa. Seni merupakan karunia Tuhan kepada manusia untuk berekspresi sebagai perwujudan dari peradaban manusia sebagai hasil pengerahan kemampuan akal, tubuh, perasaan, emosi, keinginan serta panca indra yang ditampilkan dalam sebuah hasil karya yang dapat dinikmati, baik oleh sang seniman maupun orang lain yang bertujuan untuk memperhalus dan mempercantik serta menciptakan keharmonisan jiwa, raga, pikiran dan alam ini. Karya seni yang berbentuk seni rupa diantaranya adalah lukisan, pahatan, kaligrafi dan lain-lain. Seni rupa merupakan karya seni yang dapat dilihat dan disentuh karena hasil nya terlihat oleh mata. Pembuat atu pencipta seni disebut seniman. Seniman membuat atau menciptakan memiliki tujuannya sendiri, bisa diantaranya dikarenakan profesi dan hobi. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk menjelaskan kepada para pembaca mengenai seni rupa. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Tiada henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu, memberi saran dan arahan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalian atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini dengan baik dan benar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah seni rupa dapat ditarik kesimpulan bahwa seni rupa diciptakan oleh seniman sebagai hasil ungkapan rasa keindahan, sedih, gembira dan lain-lain. Seni juga dapat diartikan sebagai hasil aktivitas batin yang direalisasikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain. Seni rupa contohnya dapat berupa lukisan, kaligrafi, pahatan dan lain-lain. Fungsi seni rupa yang menghasilkan berbagai macam karya seni tersebut diantaranya untuk pendidikan yang mana sebagai media pendidikan dapat dilihat dalam mata pelajaran seni yang dapat melatih daya kreativitas anak. Kemudi senin juga berfungsi sebagai hiburan maksudnya seni tersebut berfungsi sebagai sarana melepas kejenuhan dan menguragi kesedihan. Seni juga berfungsi sebagai sumber penghasilan, dimana ekonomi seseorang dapat terpenuhi ketika hasil karya seni tersebut dapat diperjual belikan karena seni mengandung keindahan yang menarik perhatian menjadikan karya tersebut mengandung nilai ekonomi. Pelukis dan seniman lainnya yang menciptakan hasil karya bisa membuat hobi sebagi profesi.  Dengan tidak disadari manusia selalu memenuhi kebutuhan akan seni. Sifat manusia yang selalu ingin mengungkapkan jati diri, karena pada dasarnya manusia makhluk hidup yang bermoral, berselera dan berperasaan. 

Demikian makalah seni rupa yang telah dibahas diatas. Semoga makalah ini bermanfaat dan berguna bagi para pembaca dalam menciptakan seni rupa sebagai kegiatan positive dalam mengekspresikan diri. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide