Ini Dia Contoh Makalah Perekonomian Indonesia

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali, saya selaku pemakalah akan membahas makalah yang berjudul makalah perekonomian indonesia. Ekonomi didunia di pengaruhi oleh sega aspek kehidupan. Indonesia termasuk negara berkembang yang memiliki jumlah penduduk terpadat di dunia nomor 4. Negara indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah serta disebut sebagai negara maritim karena letak indonesia di donimasi oleh perairan. Letak indonesia yang strategi yaitu di selat sunda dan selat malaka membuat banyak para pedagang dari luar halu lalang dan singga di indonesia. Semua keuntungan tersebut dapat dimanfaat oleh penduduk kita dalam meningkatkan stabilitas ekonomi. Namun, hal sebaliknya membuatkita tercengan karena kemiskinan di indonesia tidak juga selesai. Kemiskinan yang menimpah hingga sebagian penduduk indonesia membuktikan bahwa segala aspek kehidupan masyarakat belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Mskipun ada perkembangan namun, tidak terlalu berpengaruh . tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah untuk membahas atau kilas balik perkembangan perekonomian indonesia hingga sekarang. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Tiada henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu, memberi saran dan arahan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalian atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini dengan baik dan benar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah perekonomian indonesia diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa perekonomian indonesia mengalami berbagai bentuk sistem pemerintahan yang menyebabkan sistem perekonomian juga ikut berganti. Pada masa atau tahun 1945-1950 indonesia mengalami inflasi yang tinggi disebabkan beredarnya lebih dari satu mata uang secara tidak terkendali. Pada saat itu diperkirakan mata uang Jepang yang beredar di masyarakat sebesar 4 miliar. Kemudian mucul sistem perekonomian yang lain diantaranya sistem ekonomi gerakan bangteng yang merupakan usaha pemerintah Republik Indonesia untuk mengubah struktur ekonomi yang berat sebelah yang dilakukan pada masa Kabinet Natsir yang direncanakan oleh Sumiro Djojohadikusum (menteri perdagangan). Program ini bertujuan untuk mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi struktur ekonomi nasional (pembangunan ekonomi Indonesia) . kemudian muncul lagi sistem ekonomi Ali-baba, dimana sistem ini bertujuan untuk meningkatkan dan memajukan pengusaha pribumi. Perekonomian indonesia tidak dengan mudah berkembang banyak perubahan dan usaha yang dilakukan pemerintah hingga tahun 90an terjadi krisis keuangan besar-besaran. Krisis keuangan tersebut menyebabkan kontraksi ekonomi yang sangat besar dan penurunan yang sejalan dalam pengeluaran publik. Tidak mengherankan utang dan subsidi meningkat secara drastis, sementara belanja pembangunan dikurangi secara tajam. Saat ini, Indonesia telah keluar dari krisis dan berada dalam situasi dimana sekali lagi negara ini mempunyai sumber daya keuangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pembangunan. Perubahan ini terjadi karena kebijakan makroekonomi yang berhati-hati, dan yang paling penting defisit anggaran yang sangat rendah. Semua upaya dialakukan pemerintah semata-mata untuk meningkatkan perekonomian negara untuk kesejahteraan rakyat.

Demikian makalah perekonomian indonesia yang telah dibahas. Semoga makalah ini berguna pagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.

semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide