}); Ini Dia Contoh Makalah Zakat - Di Lihat Yaaa.....

Ini Dia Contoh Makalah Zakat

selamat datang di website kami ini, disini kami menyajikan sebuah website tentang informasi online
Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah zakat. Didalam rukun islam, zakat merupakan hal yang wajib dilakukan oelh setiap umat muslim di dunia. Berzajakat merupakan rukun islam ketiga. Zakat adalah jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama islam dan diberikan oleh orang yang berhak menerimanya berdasarkan ketentuan syariat islam. Tuhan adalah maha adil, Tuhan memberikan rezeki untuk umatnya semata-mata bukan hanya untuknya saja karena ada hak orang lain yang membutuhkan. Setiap muslim wajib membayar zakat atas rezeki yang telah Tuhan karunikan kepada umatnya. Zakat memiliki arti penting didalam kehidupan tidak hanya membatu saudara yang membutuhkan tetapi mengajarkan kita untuk berbagi dan tidak serakah akan harta yang kita miliki. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk mejelaskan pengertian zakat, jenis-jenis zakat dan ketentuan membayar zakat yang benar menurut syariat islam. Maka dari itu, saya selaku penulis telah melakukan penelitian, pengamatan dan membaca beberapa buku sebagai referensi saya dalam menulis makalah ini. Tiada henti, saya ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing saya yang telah membantu, memberi saran dan arahan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalian atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan sehingga saya dapat mengerjakan makalah ini dengan baik dan benar. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisan makalah ini. Saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk melengkapi makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.




Dari pembahasan makalah zakat dapat disimpulkan bahwa zakat meruapakan perintah Allah yang wajib dilakukan oleh umat muslim karena berzakat membawa berkah yang berlimpah bagi umatnya yang tulus ikhlas bersedekah demi membatu saudaranya yang kesulitan. Setiap perintah yang Tuhan berikat memiliki maksud tersendiri bagi umatnya zakat. Zakat terdiri dari dua jenis yaitu, zakat fitra dan zakat maal. Zakat fitra adalah zakat yang wajib diberikan oleh umat muslim menjelang idul fitri dan bulan ramadhan. Besar zakat yang harus diberikan adalah 2,5 % dari pendapatan pribadi orangyang berzakat atau dalam bentuk besar sebesar 3,7 kilogram beras. Orang yang wajib berzakat adalah orang yang sudah akhil baliq dan memiliki penghasilan sendiri. Untuk zakat maal adalah zakat yang dikeluarkan oleh orang yang berzakat yang menghasilkan hasi bumi seperti pertanian, perkebunan, pertambangan dan lain-lain. Orang yang berhak menerima zakat diantaranya adalah fakir, miskin, hamba sayaha, gharim, amil, mu’alaf, fasibilliah, ibu jamil. Hikma dari bezakat sangat berlimpah karena berzakat dapat mengikis akhlak buruk, alat pembersih harta dan pelindung dari ketamakan orang jahat, rasa syukur atas segala pemberian dan berkah dari Allah, membantu saudara-saudara yang membutuhkan dan masih banyak kegunaan zakat. Tuhan akan melindungi umatnya yang berhati suci dan tulus. Nikmat duniawi yang dirasakan tidaklah abadi karena ketika kita mati semua itu tidak akan ikut dan tidak akan membantu kita karena dimata Tuhan kita adalah sama tidak di ukur dari harta, tahta dan kuasa.

Demikian makalah zakat yang telah dibahas diatas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini. Saya mohon maaf jika terdapat kekurangan dan kesalahan dalam makalah ini dikarenakan keterbatasan waktu.


semoga setelah membaca artikel kami, anda bisa mendapatkan sebuah ide